Bank BRI berharap gernas BBI dorong pelaku UMKM untuk "go global"

Bank BRI berharap gernas BBI dorong pelaku UMKM untuk "go global"

Tangkapan layar Direktur Utama bank BRI Sunarso saat memberikan sambutannya dalam seremoni pembukaan daring BBI Lokal Keren Jatim : Road to BRILIANPRENEUR 2021 di Jakarta, Sabtu (7/8/2021). ANTARA/Youtube BANK BRI

Kami berharap event ini semakin bisa menumbuhkembangkan bisnis UMKM serta mendorong UMKM untuk go global dan memiliki daya saing di tingkat internasional
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau bank BRI berharap gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia atau gernas BBI dengan mengusung tema Bangga Buatan Indonesia Lokal Keren Jatim : Road to BRILIANPRENEUR 2021, dapat mendorong pelaku UMKM untuk go global.

Direktur Utama bank BRI Sunarso mengatakan bahwa gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema Lokal Keren Jatim ini merupakan wujud kepedulian terhadap UMKM yang diinisiasi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian BUMN yang berkolaborasi dengan bank BRI sebagai top brand sekaligus kurator, juga dua top brand lainnya yakni Wingsfood dan Jayaboard.

"Kami berharap event ini semakin bisa menumbuhkembangkan bisnis UMKM serta mendorong UMKM untuk go global dan memiliki daya saing di tingkat internasional. Ke depan kegiatan seperti ini akan kami lakukan secara berkelanjutan melalui penyempurnaan secara terus menerus," ujar Sunarso dalam seremoni pembukaan virtual BBI Lokal Keren Jatim : Road to BRILIANPRENEUR 2021 di Jakarta, Sabtu.

Menurut Dirut bank BRI, acara ini juga merupakan bagian dari Road to BRILIANPRENEUR 2021, event itu sejalan dengan semangat bank BRI yakni memberikan pembinaan dan pengembangan kepada UMKM secara berkesinambungan melalui rangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, yang merupakan program signature tahunan BRI yang sudah terbukti memberikan banyak manfaat bagi para UMKM binaan BRI. Tujuan utamanya adalah membawa mereka ke pasar global.

Event ini akan memberikan banyak insight dan manfaat bagi pelaku UMKM lewat berbagai kegiatan mulai dari business matching, 3D virtual showcase, onboarding UMKM di marketplace, podcast, lelang produk dan sebagainya.

Sebelumnya Kementerian BUMN RI menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Bank BRI menggelar pameran virtual industri kreatif UMKM yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 yang mengambil tema “Lokal Keren Jatim” guna mendorong pengembangan UMKM di Provinsi Jawa Timur

Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 dilangsungkan selama sebulan penuh sejak tanggal 1-31 Agustus 2021 dan merupakan wujud nyata upaya BRI mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia seiring dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Seperti diketahui, BBI dicanangkan tahun lalu oleh pemerintah dengan tujuan mendukung dan mempromosikan produk lokal Indonesia.

melalui program BRILIANPRENEUR terjadi business matching yang menghasilkan transaksi, interaksi dengan pasar internasional. Selain itu bermanfaat pula sebagai sarana transfer knowledge bagi UMKM untuk menembus pasar ekspor.

Dengan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, UMKM dibukakan pintu pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Malaysia, Australia, Hongkong, China, Kanada, Amerika Serikat dan lainnya.

Baca juga: Luhut: Semangat Bangga Buatan Indonesia konsisten hadir bagi UMKM
Baca juga: BRI jadi induk Pegadaian dan PNM pada September 2021
Baca juga: BRI raih laba Rp12,54 triliun kuartal II 2021, tumbuh 22,93 persen

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

INDEF berharap ekosistem ultramikro bisa turunkan bunga kredit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar