Jakarta (ANTARA News) - Ketua Kontingen Indonesia IGK Manila optimistis dengan target yang akan dicapai para atlet muda Indonesia pada event ASEAN Primary School Sport Olympiad IV/2010 yang akan berlangsung di Jakarta, 4-9 November.

"Kami optimis dengan target gelar juara umum yang hendak dicapai anak-anak di ajang APSSO keempat ini karena mereka saya lihat memiliki semangat besar untuk itu," ujar IGK Manila di Jakarta, Selasa.

Manila mengungkapkan faktor tuan rumah dan juga semangat kebersamaan yang telah tercipta di antara anggota kontingen Indonesia memberikan harapan besar untuk menggapai target itu.

"Kami lihat anak-anak begitu semangat berlatih dan mereka juga disiplin. Setiap waktu luang banyak digunakan untuk berlatih dan berlatih lagi dan mereka tampak disiplin mengikuti instruksi pelatihnya," ujarnya.

Kontingen Indonesia yang berkekuatan 78 atlet dan dikukuhkan oleh Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Prof Suyanto, PhD di Jakarta pada Senin lalu saat ini masih digembleng dalam pemantapan di Gelanggang Olahraga Ragunan Jakarta Selatan.

APSSO yang diikuti tujuh negara Asia Tenggara ini akan mempertandingkan lima cabang olahraga yakni atletik, bulu tangkis, catur, tenis meja dan sepakbola.

Pertandingan akan digelar di Stadion Madya Senayan (atletik), lapangan B Senayan (sepakbola), GOR Bulutangkis Asia Afrika (bulutangkis), GOR Bola voli Asia Afrika (tenis meja) dan Hotel Sahid Jaya untuk cabang catur.

Para pemain seluruhnya akan diinapkan di Hotel Sahid Jaya mulai 4 November.

APSSO yang telah empat tahun digelar berturut-turut merupakan program yang lahir dari konsistensi pembinaan dan pengembangan olahraga di Sekolah Dasar yang telah dimulai sejak 1997/1998 yang digagas oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Dalam APSSO IV ini Indonesia yang merupakan langganan juara umum akan bersaing dengan Brunei Darusalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Sedangkan tiga negara lainnya Kamboja, Laos dan Myanmar absen dan Timor Leste belum memiliki kontingen. (*)
(ANT-132/I015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010