Jakarta (ANTARA News) - Dua pecatur muda Indonesia Rozie Adam dan Ikhsan Siregar mencatat kemenangan pada putaran pertama nomor catur standar perorangan putra di ajang ASEAN Primary School Sport Olympiad (APSSO) IV di Jakarta, Jumat.

Rozie Adam yang merupakan siswa kelas VI SDN 017 Samarinda Ulu dan tergabung dalam tim Indonesia-3 berhasil menundukkan pecatur Singapura Yick Oliver Benjamin (1-0) pada pertandingan yang digelar di Hotel Sahid Jaya Jakarta.

Sementara Ikhsan Siregar yang merupakan siswa kelas VI SDN 2 Kalianda Lampung Selatan dan tergabung dalam tim Indonesia-2 menundukkan rekannya Tromphin Sitorus (1-0).

Tetapi dua pecatur Indonesia lainnya dipaksa bermain remis oleh lawan masing-masing.

Constantius Leonardo dari tim Indonesia-2 ditahan oleh Sol Cruz Raul dari Filipina, dan Yoseph Theolifus Taher (Indonesia-1) ditahan oleh rekannya M Firmansyah dari tim Indonesia-3.

Sementara pecatur dari negara lain yang berhasil mencatat kemenangan adalah Yeoh Li Tian (Malaysia), Nguyen Anh Khoi (Vietnam), Lim de Li Derek (Singapura), Nguyen Huynh Tuan Hai (Vietnam), Le Nguyen Khoi Nguyen (Vietnam), Stephen Rome Pangilinan (Filipina), Daryl Unix Samantila (Filipina), dan Harleiff bin Haniff (Malaysia).

Di bagian putri baru Dita Karenza (Indonesia-2) yang berhasil mencapai kemenangan dengan menundukkan pecatur Brunei Darussalam Syasya Badrina binti Badarudin.

Sedangkan dua pecatur Indonesia lainnya justru mengalami kekalahan yakni Parahita Miliyana (Indonesia-3) dan Angela Natasya (Indonesia-1).

Parahita ditundukkan Michelle Ho En Ying (Singapura) dan Angela ditaklukkan Marie Antoinette San Diego (Filipina).

Sedang pecatur Malaysia Nur Najiha Bt Azman Hisam berhasil mencatatkan kemenangan pertama atas Nguyen Thanh Thuy Tien (Vietnam). (ANT-132/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010