Aden, Yaman (ANTARA News/AFP) - Ribuan orang berunjuk rasa di Yaman selatan, Rabu menuntut pembebasan Hassan Baoum, pemimpin utama oposisi wilayah selatan, kata para saksi mata.

Baoum ditangkap Selasa malam bersama dengan sejumlah orang lainnya, termasuk seorang putranya di satu pos pemeriksaan keamanan dekat kota Daleh, Yaman selatan, kata seorang pejabat keamanan kepada AFP.

Ia mengatakan pemimpin oposisi itu "berencana akan menyelenggarakan protes-protes tanpa izin di sejumlah provinsi selatan."

Baoum memimpin dewan tertinggi Gerakan Selatan,penyelenggara utama protes-protes di Yaman selatan. Para anggota gerakan itu menuntut kemerdekaan atau otonomi luas untuk wilayah selatan.

Gerakan Selatan itu mengeluarkan sebuah pernyataan yang menyerukan protes-protes di seluruh provinsi selatan Yaman menentang penahanan Baoum. Ribuan orang turun ke jalan-jalan di Daleh, membakar ban-ban, kata para saksi mata.

Baoum sebelumnya seorang pejabat di Partai Sosialis Yaman, bekas partai yang memerintah Yaman Selatan.

Banyak penduduk Yaman Selatan , yang merdeka dari tahun 1967 ketika Inggri mundur sampai wilayah itu bersatu dengan wilayah utara tahun 1990, mengeluhkan tindakan pemerintah Sanna mendiskriminasi dalam pendistribusian sumber-sumber alam.

Yaman Selatan melepaskan diri tahun 1994 yang menimbulkan perang saudara yang berakhir dengan direbutnya wilayah itu oleh pasukan utara. (RN/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010