Semoga dengan adanya inisiatif ini, target vaksinasi masyarakat Indonesia dapat tercapai dan banyak pihak yang mencontoh langkah baik ini
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi kerja sama pihak swasta yang ikut serta mempercepat proses vaksinasi COVID-19 agar kekebalan komunal cepat tercapai.

"Kami sangat mengapresiasi pihak swasta, dengan bersama-sama kita bisa mempercepat proses vaksinasi," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia di konferensi pers daring, Rabu.

Dwi mengatakan sejauh ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menghadapi bermacam kondisi, mulai dari peningkatan kasus positif yang tinggi mencapai 113.000 hingga kembali menurun.

"Sudah banyak up and down, tapi dengan banyak dukungan, situasi di DKI lebih baik dibandingkan 1-2 bulan lalu," ujar dia.

Baca juga: Menparekraf tinjau sentra vaksinasi COVID-19 di Petak Enam

Pelaksanaan vaksinasi di Jakarta dan Tangerang turut dibantu oleh pihak swasta termasuk Yayasan Ronald McDonald House Charities (YRMHC) bersama McDonald’s Indonesia dan PT Sinar Sosro, di bawah naungan Rekso Group.

Bersama Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan, mereka menyediakan Sentra Vaksinasi Sosro di Cakung, Jakarta Timur sejak April 2021 serta Mini Sentra Vaksin di berbagai kecamatan DKI Jakarta untuk menjangkau area yang belum punya lokasi vaksinasi.

"Sesuai dengan target yang telah ditetapkan pemerintah, saat ini kami mengejar jumlah masyarakat yang akan divaksin yaitu sebanyak satu juta suntikan per hari mulai bulan Juli, dan dua juta per hari pada bulan Agustus 2021," kata Dwi.

"Semoga dengan adanya inisiatif ini, target vaksinasi masyarakat Indonesia dapat tercapai dan banyak pihak yang mencontoh langkah baik ini sehingga tergerak melakukan hal yang sama.”

Organizational Leader Yayasan Ronald McDonald House Charities, Rini T Wardani, mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta sejak satu dekade lalu untuk kesehatan anak-anak, seperti vaksinasi bayi dan balita. Saat pandemi, mereka ingin berkontribusi mendukung program vaksinasi untuk menekan penyebaran COVID-19.

Baca juga: DKI, Hippindo dan Tokopedia buka sentra vaksinasi UMKM

"Kami bersyukur bisa ikut mengambil peran," kata Rini.

Sentra Vaksinasi Sosro terbuka untuk masyarakat umum, baik yang berdomisili Jakarta maupun luar Jakarta, dan buka setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 13.30. Calon penerima vaksin bisa mendaftarkan diri secara daring atau langsung ke lokasi.

Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka, mengatakan pihaknya bersama dengan YRMHC dan PT Sinar Sosro, telah memberikan vaksin kepada lebih dari 50.000 orang, mulai dari usia remaja 12-17 tahun, lansia, tenaga didik, pekerja ekonomi kreatif, hingga warga rawan dan rentan.

Dukungan pelaksanaan Sentra Vaksinasi YRMHC, McDonald’s dan PT Sinar Sosro yang sudah berjalan di antaranya; Sentra Vaksinasi Sosro, Gerai Vaksin Presisi Polres Jakarta Selatan (24-25 Juli 2021), Gerai Vaksin Merdeka Polres Tangerang Selatan (11-17 Agustus 2021), Gerai Vaksin Pancoran Soccer Field di Jakarta Selatan (3-16 Agustus 2021).

Rini menambahkan pihaknya siap untuk mendirikan lebih banyak sentra vaksin di tempat lain, bukan cuma DKI Jakarta dan Tangerang, demi membantu pemerintah mencapai target kekebalan komunal.

Baca juga: BTS dongkrak penjualan McD di seluruh dunia

Baca juga: BTS Meal resmi rilis, banyak McD tutup layanan di aplikasi pesan antar

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021