Jakarta (ANTARA News) - Tim paduan suara Universitas Negeri Manado (UNM) juara pertama dalam kompetisi kategori "Mixed Choir Adults" dalam festival paduan suara internasional ke-6 "Varsovia Cantat" di Warsawa, Polandia.

Kelompok yang terdiri atas 22 penyanyi dan konductor Prof. Andre de Quadros telah mengikuti festival itu di Warsawa pada 13 - 14 November 2010, demikian siaran pers KBRI Warsawa, Rabu.

Para peserta festival "Varsovia Cantat (Warsawa Bernyanyi)" tahun 2010 diikuti oleh 6 negara, yaitu Norwegia, Swedia, Macedonia, Latvia, Polandia dan Indonesia. Indonesia adalah satu-satunya negara dari Asia yang mengikuti festival tersebut.

Pada babak kompetisi kategori koor yang diikuti penyanyi dewasa campuran (Mixed Choirs Adults) di gedung Universitas Musik Fredric Chopin, kelompok paduan suara UNM mempersembahkan repetoire antara lain Sechs Spruche, Op.79. (Im Advent, Weichnacten), Dumbele, Anoj Puseij Dunojello dan terakhir Janger.

Pemenang kedua dari kategori yang sama adalah tim paduan suara Universitas Warszawa, Polandia, dan terakhir sebagai juara ketiga adalah kelompok paduan suara Cantate dari Stockholm, Swedia.

Tim paduan suara asal Manado, Sulawesdi Utara, itu juga mengikuti konser di beberapa gereja, antara lain di Gereja St. Ann`s, Gereja Resurrection, dan Gereja St. Matthew the Evangelist`s dengan lagu-lagu seperti Vela Asambeni Siyekhaya, Sech Spruche, Op.79 - Im Advent, Hamba Lulu, From a Distance, Adinu bidin il-Hubbi, God`s Gonna Set This World on Fire, Prayer of St. Francis, Under the Sea, Toki Gong Sambil Menari Haleluya.

Mereka juga mempersembahkan lagu-lagu daerah dari Indonesia seperti Yamko Rambe Yamko, Janger dan Sipatokaan.

Keikutsertaan para mahasiswa UNM dalam kompetisi paduan suara internasional di Warsawa itu merupakan salah satu bentuk promosi budaya Indonesia di Polandia, karena di samping menyanyikan lagu-lagu daerah, mereka juga mengenakan busana Bali.

Rombongan kesenian asal Manado ini juga berkesempatan mengunjungi Wisma Duta untuk menghadiri undangan jamuan makan malam dari Duta Besar Darmansjah Djumala serta beramah tamah dengan Keluarga Besar KBRI Warsawa.
(M016/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010