Jakarta (ANTARA News) - Berdasarkan laporan Symantec, spam menyumbang sebesar 86.61 persen dari keseluruhan email di bulan Oktober, dibandingkan pada September yang sebesar 89.40 persen.

Kategori spam yang berkaitan dengan "leisure" meningkat dua kali lipat menjadi 12% di bulan Oktober, dibandingkan 6 persen di September. Kategori itu biasanya diakses pada waktu luang.

Hal ini berdasarkan “Oktober 2010: Analisa Subyek Spam” yang dirilis Symantec.

Lanskap keseluruhan phishing meningkat 0.3 persen bulan ini, dan terutama disebabkan oleh peningkatan serangan toolkit otomatis. Situs "phishing" yang dibuat dengan "toolkit" otomatis meningkat sebesar 41 persen dan URL unik menurun 10 persen.

Situs "phishing" dengan domain IP (misalnya domain seperti http://255.255.255.255) meningkat drastis sebesar 58 persen. Layanan penyedia web menyumbang sebesar 14 persen dari keseluruhan "phishing," meningkat sebesar 24% dari bulan sebelumnya.

Pada Oktober 2010, phishing dalam media sosial menyumbang sekitar 4% dari keseluruhan lanskap phishing. Jumlah situs phishing dalam media sosial meningkat secara signifikan sekitar 80% dibandingkan bulan sebelumnya.

Seperti pada bulan sebelumnya, mayoritas website phishing memalsukan dua merek. Phishing dari kedua merek gabungan ini mendekati 98% dari keseluruhan phishing dalam media sosial.

Phisher diketahui menggunakan berbagai jenis umpan untuk memikat pengguna agar memberikan informasi pribadi mereka. Pada bulan Oktober, jenis umpan yang biasa digunakan yang teramati adalah situs phishing yang mengklaim berasal dari layanan keamanan merek jejaring sosial. Pengguna diminta untuk memberikan kredensial login mereka untuk terus mengakses situs jejaring sosial tersebut.

Laporan bulan lalu menyorot penurunan tajam volume spam global. Pada bulan Oktober, volume spam global turun 22.5% dari Oktober 2009. Dibandingkan bulan Agustus, volume spam turun lebih dari 47%.

Selain kejadian-kejadian yang disorot dalam laporan bulan lalu (Penangkapan komplotan Zeus dan pemutusan spamit.com), Belanda baru-baru ini mematikan beberapa server yang terkait dengan botnet Bredolab.

Secara historis, penurunan volume spam dapat berarti penurunan presentase spam. Hal ini terutama disebabkan oleh volume email yang sah relatif konstan.

Penambahan lebih banyak spam ke dalam email sah menyebabkan presentase spam lebih tinggi secara keseluruhan. Tidak terkecuali pula bulan Oktober ini karena presentase spam keseluruhan adalah 86.6%, terendah sejak September 2009.

Meskipun konsumen mungkin masih berhati-hati dengan pengeluaran, spammer telah memulai serangan kampanye spam liburan mereka. Menurut pengamatan Symantec berbagai jenis spam menggunakan topik liburan.

Topik itu mencakup: replika, obat-obatan online, bahkan scam Nigeria tipe 419. Dengan semakin dekatnya musim liburan, kami memperkirakan spammer akan meningkatkan volume spam liburan.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010