Kapolri apresiasi pelabuhan karena memudahkan hadirnya tangki oksigen

Kapolri apresiasi pelabuhan karena memudahkan hadirnya tangki oksigen

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kiri) mendengar penjelasan dari petugas Pelabuhan Tanjung Priok terkait fasilitas yang ada pada tangki ISO yang dipesan dari China di Lapangan 219X, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (3/9/2021). (ANTARA/Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi manajemen Pelabuhan Tanjung Priok karena memudahkan hadirnya 10 unit tangki ISO berisi 21.000 liter oksigen cair di Lapangan 219X, Jalan Pasoso Nomor 6, Jakarta Utara, Jumat.

"Terima kasih dari pihak pelabuhan dan kemudian dari Kantor Dinas Pajak yang telah ikut membantu mempermudah sehingga ISO Tank ini bisa segera didistribusikan," ujar Sigit saat konferensi pers di Lapangan 219X Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kapolri mengatakan, 10 unit tangki ISO tersebut dipesan dari China untuk memperkuat pelayanan kebutuhan oksigen di rumah sakit yang menangani pasien COVID-19.

Berkaca dari pengalaman yang ada, kata Sigit, laju penularan COVID-19 di Indonesia sempat melonjak pada Juli 2021 sehingga menimbulkan keterbatasan pelayanan kebutuhan oksigen di rumah sakit.

Polri ingin oksigen di rumah sakit selalu tersedia. Penyediaan tangki ISO oksigen diharapkan dapat mempermudah mobilisasi oksigen medis dari pabrik ke rumah sakit dan pusat pengisian oksigen (filling station).

Baca juga: Bank Indonesia salurkan 1.000 tabung oksigen untuk DKI Jakarta
Baca juga: Kapolda Metro serahkan 138 tabung oksigen sitaan ke Pemprov DKI


Dalam kesempatan itu, Kapolri mendapat penjelasan dari seorang petugas Pelabuhan Tanjung Priok tentang fasilitas tangki ISO tersebut.

Petugas tersebut menyebutkan oksigen cair dalam tangki berisi sebanyak 21.000 liter. Nantinya oksigen cair itu memerlukan alat tambahan untuk memprosesnya menjadi gas sebelum diisikan ke tabung-tabung oksigen yang digunakan di rumah sakit. Tangki oksigen terdiri atas pipa berbentuk silinder dan "valve" untuk keperluan "unloading". Selain itu, ada pula "safety valve" dengan bentuk corong pipa untuk mengeluarkan tekanan berlebih saat pengisian tabung oksigen.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kalteng terima bantuan tangki ISO dari Kapolri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar