Jakarta (ANTARA News) - Tim SCUA Pusat menjuarai turnamen catur standar beregu JAPFA Chess Teams Championship 2010 setelah memastikan memimpin dua poin kemenangan atas pesaing terdekatnya tim Bhayangkara, Jumat, setelah menyelesaikan sembilan babak pertandingan di Jakarta.

Tim SCUA Pusat yang dimotori pecatur nomor satu putra Indonesia GM Susanto Megaranto, selama turnamen berlangsung memenangi tujuh babak berturut-turut dan selanjutnya bermain seri pada dua babak terakhir, Jumat, untuk mengumpulkan 16 MP (Match Point), disusul posisi kedua Bhayangkara dengan 16 MP, sedangkan tim DKI harus puas di urutan ketiga dengan 13 MP.

Hasil seri 3-3 pada pertandingan babak delapan melawan Bhayangkara, sudah cukup bagi SCUA Pusat untuk memastikan juara, karena 15 MP yang dikumpulkan tim tersebut tidak akan terkejar oleh Bhayangkara yang terpaut tiga MP sementara pertandingan tinggal satu babak terakhir sembilan.

Namun pada pertandingan babak terakhir sembilan, Bhayangkara mampu melibas TICC 4-2, sedangkan SCUA Pusat kembali bermain seri melawan Percagros 3-3.

"Saya cukup puas dengan hasil ini, karena sebelumnya kami lihat pesaing kami cukup berat seperti Gunadarma dan DKI, tapi akhirnya kami bisa menjadi yang terbaik," kata GM Susanto Megaranto seusai bermain remis melawan pemain Percagros IM Suhendra pada babak sembilan.

JAPFA Chess Teams Championship 2010 diikuti 22 klub catur se Indonesia dan setiap tim menurunkan tiga pemain senior, dua junior dan satu junior putri, dan SCUA Pusat pada turnamen ini menurunkan GM Susanto Megaranto, GM Ruslan Scherbakov, Azarya Jodi Setiaki, NM Farid Firmansyah, M. Lutfi Ali, dan Via Lastiningsih. (A020/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010