Pekanbaru (ANTARA News) - Binaragawan Indonesia asal Riau Asrelawandi menyumbangkan medali emas pertama untuk Indonesia pada nomor 60 kilogram dalam Asian Beach Games 2010 di Muscat, Oman, Jumat (10/12) malam

Medali emas dari Asrelawandi itu merupakan prestasi yang menggembirakan tidak hanya untuk daerah asalnya namun juga bagi Kontingen Indonesia, kata Ketua KONI Pusat Rita Subowo dalam siaran pers, Sabtu.

Rita dan Ketua Kontingen Indonesia di Asian Beach Games 2010 HM Rusli Zainal yang ikut menyaksikan Unyil mengalahkan lawan-lawannya mengaku bangga dengan medali emas tersebut.

Bahkan Rita yang juga anggota Komite Olimpiade Asia mendapat kehormatan untuk menyematkan medali bagi Asrelawandi.

"Kami bersyukur karena ini emas pertama Indonesia dan tentu membanggakan. Apalagi persaingan ketat di ajang ini. Mudah-mudahan emas ini bisa melecut cabang lainnya untuk meraih pretasi di Asian Beach Games ini," ujar Rita.

Ketua Kontingen Indonesia yang juga Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengaku gembira apalagi yang menyumbangkan emas adalah atlet asal Riau.

"Ini emas pertama dan lawan yang dihadapi atlet kita bukanlah lawan yang ringan. Namun hingga hari ini paling tidak kami telah menyumbangkan satu emas untuk daerah dan Indonesia," kata Rusli.

Rusli Zainal menambahkan, pihaknya berharap setiap atlet terus berjuang dan memanfaatkan semua peluang untuk meraih medali.

Asrelawandi turun di kelas 60 kg berhasil mengalahkan atlet Vietnam dan Thailand yang meraih medali perak dan perunggu. Sementara di nomor di bawah 70 kg medali emas yang dirah atlet Thailnd, perak dan perunggu diraih atlet Vietnam.

Ketua KONI Riau Yuherman Yusuf mengatakan bahwa atlet Riau tidak kalah dengan atlet dari provinsi lain terbukti dengan diraihnya medali emas pada Asian Beach.

"Asrelawandi ini memang sudah kami persiapkan sejak jauh hari, yakni sejak PON pada 2004 di Palembang," kata Yuherman.

Ia menyebutkan, sebelumnya binaragawan tersebut juga menjadi juara dalam kejuaraan binaraga dunia di India, November lalu.

Yuherman mengatakan, ke depan Asrel menjadi harapan Riau untuk PON XVIII/2012.

Dia juga mengungkapkan kebanggaannya sebagai masyarakat Riau karena baru bulan lalu atlet dayung asal Riau menyumbangkan emas dan perak dalam Asian Games di Guangzhou, China.

"KONI berharap apa yang diraih Asrelawandi bisa menjadi cambuk bagi atlet lain untuk terus berprestasi," katanya. (IND/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010