Jakarta (ANTARA News) - Tim PSBS Biak tampil menjuarai kompetisi Divisi I Liga Indonesia 2010 setelah dalam pertandingan final mengalahkan Persbul Buol 1-0 (0-0) di stadion Singaperbangsa, Kerawang, Minggu.

Gol tunggal PSBS Biak diciptakan oleh Orthis Kurni melalui tendangan kaki kiri pada menit ke-56. Keunggulan Buol tidak berubah hingga wasit Sarifudin Sinaga dari Bandung meniup peluit akhir.

Bagi PSBS Biak kemenangan ini merupakan kemenangan dua kali berturut turut di ajang Divisi I tahun ini setelah sebelumnya putra-putra Papua ini mengalahkan Buol 3-0 pada pertandingan putaran kedua di Stadion Cenderawasih.

Pertandingan final turut disaksikan Ketua umum PSSI Nurdin Halid yang didampingi
dua anggota Exco PSSI, Muhammad Zein dan Togar Manahan Nero serta Sekjen PSSI Nugraha Besoes dan Ketua Badan Liga Amatir Indonesia Iwan Budianto.

"Kami bersyukur bisa lolos sekaligus merebut gelar juara. Buat kami ini merupakan kado terindah, apalagi hari ini merupakan hari jadi PSBS Biak yang ke-42," ujar Ketua umum PSBS Biak, Yusuf Maryen seperti dikutip Manajer Humas PSSI Tubagus AP.

Empat tim yang bertanding di semifinal dan final selain meraih piala juga menerima hadiah berupa uang.

PSBS Biak selaku juara pertama berhak atas hadiah sebesar Rp50 juta, sedangkan Persbul Buol selaku runner-up mendapatkan Rp40 juta.

Sementara peringkat ketiga dan keempat yang ditempati PSBL Langsa dan Persepam

Pamekasan yang ditetapkan sebagai peringkat ketiga bersama masing-masing mendapatkan sebesar Rp25 juta. (ANT-132/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010