PON Papua

KONI Papua segera lepas kontingen PON XX

KONI Papua segera lepas kontingen PON XX

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Provinsi Papua Kenius Kogoya saat ditemui awak media. ANTARA/Hendrina Dian Kandipi/am.

Jayapura (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua segera melepas kontingen yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cenderawasih.

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Provinsi Papua Kenius Kogoya di Jayapura, Rabu, mengatakan setelah resmi dilepas, kontingen Papua kemudian akan diserahkan kepada ketua delegasi.

"Rencananya pada Kamis (9/8), pelepasan kontingen Papua sekaligus penyerahan SK kontingen dari gubernur kepada komandan kontingen dilaksanakan di Stadion Mandala Jayapura," katanya.

Menurut Kenius, Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX akan mengirimkan delegasi atlet dan ofisial terbanyak di antara provinsi lainnya, di mana yang akan diturunkan berjumlah 921 orang dan ofisial berjumlah 1.300-an orang.

"Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di antara para peserta PON XX lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan jumlah tersebut terbilang banyak karena Papua yang berstatus tuan rumah akan tampil di seluruh cabang olahraga dan beberapa disiplin pertandingan yang dipertandingkan.

"Terkait bonus atlet, hal tersebut menjadi wewenang Gubernur Papua, namun kemungkinan hal tersebut akan diungkap saat pelepasan kontingen," katanya lagi.

Dia menambahkan pembentukan kontingen inti Papua untuk PON XX sejatinya sudah digodok sejak jauh hari, namun rencana tersebut masih harus menunggu SK dari Gubernur Papua di mana jadwal semula yakni pada Juli 2021, namun bergeser hingga September 2021.

Baca juga: Kontingen NTB bawa alat PCR antisipasi COVID-19 di PON Papua
Baca juga: Ambisi DKI Jakarta jadi juara umum PON XX Papua di tengah pandemi
Baca juga: Kontingen PON Sultra berangkat bertahap ke Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Koni Papua siapkan Rp400 miliar untuk bonus atlet PON XX

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar