Jakarta (ANTARA News) -  Rata-rata orang ternyata  mencuri lagu tiga kali lipat dari yang mereka beli secara online. Gilanya, sebanyak 1,2 miliar  lagu  telah diunduh secara ilegal pada tahun ini dan hanya 370 juta yang diunduh secara sah.

Hal ini berarti bahwa lebih dari tiga perempat lagu  unduhan diperoleh secara melanggar hukum.

Sedikit-dikitnya satu dari tiga orang Inggris terlibat dalam pengunduhan yang melanggar hukum, ungkap  laporan yang dilansir oleh badan industri musik Inggris BPI.

Masalahnya, semakin banyaknya yang menolak unutk membayar musik. Setidak-tidaknya 30 persen populasi online Inggris terlibat dalam pengunduhan ilegal, padahal di Inggris ada 67 layanan musik online legal - jumlah ini terbanyak di dunia.

60 persen pengunduh ilegal adalah laki-laki dan mereka yang berusia pensiun juga terlibat dalam tindakan itu. 15 persen dari mereka yang berusia 45 hingga 54 tahun adalah pengunduh ilegal.

Akibat maraknya unduh ilegal itu,  industri musik Inggris kehilangan sedikit-dikitnya 1 miliar pounds tahun ini. Di bulan September saja, 6.1 miliar orang mengunjungi situs ilegal pengunduh musik.

Laporan BPI menyebutkan "kekhawatiran" karena untuk mengunduh ilegal cukup mengetik nama lagu itu  ke dalam mesin pencari. BPI mendesak situs seperti Google untuk bertindak.

Penggunaan layanan file-hosting ilegal yang dikenal sebagai "cyberlocker" telah meningkat 15 persen dan metode yang lebih umum yaitu  "peer to peer" digunakan hampir setengah dari unduh ilegal.

Penggunaan situs mp3 ilegal berbayar luar negeri, banyak dari  Rusia dan diciptakan untuk pasar Inggris, juga mengalami peningkatan  36 persen.

Kepala BPI Geoff Taylor mengatakan : "Jika 1,2 miliar track adalah susunan CD maka tingginya bisa mencapai 120 km."

"Pengunduhan ilegal merupakan gangguan yang mengancam hilangnya sebuah generasi muda berbakat atas kesempatan mereka untuk berkarir di musik, dan menahan investasi dalam  sektor hiburan digital yang sedang berkibar," kata Taylor.

Di sisi lain, pengunduhan legal juga mengalami peningkatan. Mereka menyumbang sekitar 24.5 persen tahun ini dari pendapatan musik, jumlah ini meningkat dari 19.2 persen di tahun 2009.

Tahun ini untuk pertama kalinya  unduhan track lagu single legal  di Inggris melampaui 1 Juta, yaitu lagu dari Black eyed peas berjudul ‘I Gotta Feeling’ dan Kings of Leon berjudul `Sex On Fire` .
(yud/A038/BRT)

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010