Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA), telah meningkatkan kemampuan kartu transaksi elektronik Flazz sehingga dapat digunakan untuk membeli karcis bus Trans Pakuan Bogor.

"Peningkatan kemampuan kartu Flazz ditujukan terciptanya layanan dan keamanan bertransportasi di Kota Bogor, serta mendukung Bank Indonesia dalam memasyarakatkan transaksi uang elektronik," kata Direktur PT Bank Central Asia Tbk Suwignyo Budiman di Jakarta, Rabu.

Saat ini, di kota Bogor terdapat 30 bus Trans Pakuan yang melayani warga ke berbagai lokasi tujuan, sehingga dengan adanya transaksi melalui Flazz masyarakat akan semakin dimudahkan, ungkapnya.

Peluncuran e-ticketing dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Suroyo Alimoeso, didampingi oleh Wali Kota Bogor Diani Budiarto serta Direktur PT Bank Central Asia Tbk Suwignyo Budiman.

Suroyo Alimoeso dalam peresmian tersebut menyatakan, peningkatan pelayanan Bus Trans Pakuan Bogor merupakan bentuk nyata kepedulian Dirjen Perhubungan Darat, Wali Kota Bogor dan BCA untuk menyukseskan program Kota Bogor dalam penataan transportasi.

Keyakinan yang besar juga disampaikan bahwa sejalan dengan peningkatan pelayanan angkutan umum maka secara perlahan tapi pasti, masyarakat akan kembali menggunakan sarana angkutan umum sebagai sarana mobilitas.

Suryo Alimoeso, juga menyampaikan harapan bahwa kerjasama antara Pemerintah Kota Bogor dengan BCA dapat diikuti daerah lain dalam upaya pelayanan angkutan umum.

Wali Kota Bogor Diani Budiarto mengatakan, Kota Bogor berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan transportasi umum.

"Penggunan e-ticketing dengan Kartu Flazz merupakan salah satu peningkatan pelayanan transportasi umum di kota Bogor ini," ujar dia.

Suwignyo mengungkapkan, sebagai salah satu institusi keuangan , BCA sangat mendukung upaya pengembangan berbagai sektor termasuk transportasi masal.

Terkait dengan kerjasama kali ini, BCA menyediakan 30 unit EDC untuk dapat melayani pembayaran dengan kartu Flazz di 30 armada Trans Pakuan Bogor.

"Kami berharap, dengan menggunakan kartu Flazz, pengguna jasa layanan Bus Trans Pakuan akan mendapatkan kemudahan pembayaran yang cepat, aman dan nyaman," ujar dia.

Ia menambahkan, fasilitas ini juga merupakan salah satu layanan tambahan yang diberikan bagi nasabah BCA terutama di Kota Bogor.

Kartu Flazz merupakan alat pembayaran multi fungsi yang cepat dan aman, yang diluncurkan oleh BCA.

Kartu ini menggunakan sistem teknologi chip dari RIFD (Radio Frequency Identification). Dengan teknologi yang dimilikinya transaksi pembayaran dilakukan dengan sistem contacless atau cukup diletakkan pada mesin reader tanpa perlu digesek seperti Kartu Kredit.

Pada kuartal ketiga 2010, jumlah kartu Flazz yang sudah beredar mencapai 2,4 juta. Kartu Flazz diterima lebih dari 15 ribu outlet merchant, yang terdiri dari berbagai lini bisnis, seperti industri perpakiran, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), pasar modern, industri makanan dan minuman, toko buku, salon dan lain sebagainya.

Outlet-outlet tersebut tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Meningkatnya jumlah pengguna kartu Flazz, didukung oleh perubahan gaya hidup masyarakat yang menginginkan alat pembayaran yang praktis, mudah dan nyaman saat melakukan transaksi. (*)
(T.G001/S031/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010