Los Angeles  (ANTARA News) - Petugas bea-cukai Amerika Serikat (AS) menyita dua patung rusa kutub yang sudah dihiasi untuk perayaan Natal yang ditemukan di bagasi penumpang di bandar udara Los Angeles, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Tokoh hewan bagi pesta itu ditemukan di tas seorang pelancong yang datang dari El Salvador, dibuat dari bahan rumput yang dilarang berdasarkan peraturan impor AS terhadap produk pertanian.

"Saat pemeriksaan, ahli pertanian CBP menemukan rusa kutub dibuat dari bahan rumput yang berisi benih yang dapat dikembang-biakkan," kata pihak badan bea dan cukai dan keamanan perbatasan AS (CBP).

Bilah rumput itu juga memperlihatkan kemungkinan gejala penyakit, dan penumpang tersebut tak memiliki sertifikat kesehatan tanaman buat hiasan Natal itu.

Penjabat Direktur CBP untuk Los Angeles, Carlos Martel, menambahkan, "Ahli pertanian kami melindungi pertanian Amerika dengan menggunakan keahlian ilmiah mereka guna mencegah menyebarnya penyakit tanaman dan hama yang berbahaya."

Rusa kutub tersebut diserahkan kepada Departemen Pertanian AS (USDA). "Barang pertanian yang dilarang disita, diselamatkan dan diserahkan kepada USDA untuk dimusnahkan," kata lembaga itu.
(Uu.C003/S008/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010