Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Suparni Parto meninjau langsung perayaan Misa Malam Natal di Gereja Katedral Bandung, Jumat malam.

"Kunjungan ini lebih kepada sebagai upaya pemerintah yang harus menjamin warganya agar bisa beribadah dengan tentram dan aman," kata Ahmad Heryawan usai meninjau perayaan Misa Natal.

Gubernur mengatakan, kunjungan yang dilakukan oleh jajaran pejabat di lingkungan Muspida Jawa Barat tersebut merupakan sebuah bentuk kebersamaan antara umat beragama di Provinsi Jabar.

"Saya dengan Kapolda dan perwakilan dari Pandang melihat situasi di beberapa gereja dalam rangka membangun sebuah kebersamaan yang antara pemerintah dengan masyarakatnya," kata Heryawan.

Kapolda Jawa Barat berharap perayaan Natal 2010 ini dapat berlangsung dengan aman, damai dan lancar.

"Insya Allah semuanya berjalan dengan aman dan lancar. Alangkah lebih baiknya jika kita bisa menyikapi perbedaan ini dengan damai. Perbedaan ini merupakan berkah dari Yang Maha Kuasa," kata Kapolda.

Koordinator Gereja Katedral Bandung David Miharja mengatakan Misa Malam Natal 2010 dipimpin oleh Uskup MGR Johanes Pujasumarta.

David mengatakan, perayaan natal kali ini menjadi perayaan terakhir Uskup Agung Bandung Romo Pujasumarta di Gereja Katedral Bandung karena sekitar dua pekan lagi ia akan menjabat Uskup Agung di Semarang.

Ia mengatakan, satu kali Misa Natal yang dilaksanakan oleh Gereja Katedral Bandung mampu menampung sekitar 2.500 jemaat.

"Jemaat di sini tidak hanya berasal dari Kota Bandung, tapi ada yang berasal dari luar Bandung. Banyak juga yang datang dari jakarta atau daerah lain. Mereka yang berlibur di Bandung, banyak yang mengikuti misa natal di sini," ujarnya.

(KR-ASJ/Y003/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010