Jakarta (ANTARA News) - Microsoft diperkirakan sedang mengembangkan sistem operasi Windows untuk perangkat berbasis prosesor tablet dan smartphone (telepon pintar).

Berdasarkan sebuah laporan yang dikutip dari Telegraph, Microsoft Corp  memulai rancangan versi baru sistem operasi Windows khusus untuk perangkat elektronik berdaya listrik rendah.

Sistem operasi itu dikatakan akan berjalan dengan prosesor yang dibuat oleh perusahaan teknologi Inggris Anak perusahaan ARM, PLC. Hal itu menandakan arah baru untuk Windows OS, yang identik dengan format x86 dan prosesor intel.

Prosesor ARM umumnya ditemukan pada komputer tablet dan telepon pintar, terutama yang dikenal pada Samsung Nexus S.

Sebuah cerita yang di lansir dalam Wall Street Journal  mengatakan sumber yang dekat dengan Microsoft tengah bekerja pada proyek ARM saat ini.

"Satu dari mereka mengatakan upaya itu adalah bagian dari upaya  Microsoft untuk membuat Windows lebih 'modular' jadi bagian-bagian sistem operasi yang tidak dibutuhkan untuk yang perangkat yang lebih kecil, berdaya rendah seperti komputer tablet dapat dengan mudah disisihkan guna membuat piranti lunak itu cocok di perangkat tersebut."

Usaha untuk menyederhanakan OS Microsoft Windows adalah usaha  untuk meraih kembali pangsa pasar komputer tablet. Apple saat ini menikmati dominasinya di pasar tablet dengan kesuksesan iPad.

Microsoft pada hari Selasa mengumumkan  kesuksesan  sistem operasi Windows 7 yang terjual lebih dari 1.5 juta  dalam enam bulan pertama.

Rincian dari new ARM berbasis Windows masih belum jelas diketahui, Microsoft maupun ARM menolak untuk berkomentar.
(yud/A038/BRT)

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010