Zurich (ANTARA News) - Keberhasilan Lionel Messi memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia 2010 dari federasi sepak bola dunia (FIFA), Ballon d'Or, Selasa, disambut sukacita oleh dua rekan setimnya di Barca, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Menurut Xavi kemenangan Messi juga merupakan bukti penghargaan bagi sistem pembinaan pemain muda di Barcelona. Baik Iniesta, Messi, dan Xavi merupakan lulusan akademi sepak bola Barcelona.

"Ini juga merupakan sebuah penghargaan bagi sistem pembinaan pemain muda Barcelona dan saya bangga menjadi bagian dari itu," kata Xavi di Zurich, Swiss, seperti dikutip fifa.com.

"Messi berada satu langkah di atas kami semua. Dia adalah pemain terbaik, tidak disangsikan lagi," tutur pemain berusia 30 tahun itu.

Pernyataan Xavi tidak berlebihan karena ia, Messi dan Iniesta sebelumnya adalah kandidat utama peraih penghargaan tahunan dari FIFA dan majalah sepak bola Prancis, 'France Football'.

Ketiganya menyisihkan banyak pemain besar dari klub-klub utama dunia seperti Christiano Ronaldo dari Real Madrid atau Wayne Rooney dari Manchester United.

Apa lagi dalam daftar tim impian FIFA 2010 (World XI), Barcelona juga mendominasi dengan menyumbang enam pemain yakni Gerard Pique, Charles Puyol, Xavi, Iniesta, Messi, dan David Villa. Kecuali Villa, lima pemain lain adalah lulusan akademi sepak bola Barcelona.

"Kami bertiga menjadi nominator, siapa pun dari kami bisa saja memenangkannya, tetapi Leo (Messi) telah memenangkannya dan kami harus memberikannya selamat," ujar Iniesta.

"Kami bahagia untuk dia dan karena telah berada di sini," pungkas Iniesta.
(Ber/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011