PIP Makassar ikut wujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia

PIP Makassar ikut wujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia

Kegiatan wisuda di Politeknik Ilmu Pelayaran/PIP Makassar, Sulawesi Selatan, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. ANTARA/HO-PIP Makassar

Jakarta (ANTARA) - Politeknik Ilmu Pelayaran/PIP Makassar, Sulawesi Selatan, ikut mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan menciptakan banyak sumber daya manusia transportasi laut yang handal dan profesional.

"Berkat dukungan Menteri Perhubungan PIP Makassar terus memperbaharui sistem pendidikan, pola pengajaran dan menggunakan teknologi digital terbaru sehingga menjadi terdepan dalam melahirkan SDM pelaut handal," kata Direktur PIP Makassar, Capt. Sukirno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dikatakan, politeknik yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan itu terus berbenah mengingat saat ini telah memasuki era digital dan revolusi industri 4.0 dimana teknologi informasi berkembang sangat pesat dan mempengaruhi segala aspek kehidupan.

Untuk menyesuaikan dengan kondisi tersebut, pihaknya terus mendorong pembangunan SDM Indonesia yang unggul guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dimana dengan sistem pendidikan dan pengembangan pengetahuan secara modern sehingga dapat menyesuaikan dengan perkembangan dunia industri.

Baca juga: Luhut siapkan peta jalan 2045 siapkan RI jadi poros maritim dunia

Sukirno menambahkan bahwa lulusan dari PIP Makassar diminta untuk terus mengembangkan Soft Skill Competence melalui 4C yaitu Critical Thinking, Creative Solution, Colaboration dan Communication Skill.

Sebab di era 4.0 menitikberatan pada tiga hal, yaitu pembangunan karakter positif, peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta mendorong link and match antara pendidikan vokasi dengan industri.

“Seluruh lulusan PIP Makassar telah mengikuti pendidikan yang mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) sesuai tingkat kompetensinya dan pada akhir pendidikan juga dilakukan pengujian keahlian kepelautan sesuai sistem dan prosedur penyelenggaraan ujian keahlian dan sertifikasi kepelautan dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut,” katanya.

Baca juga: Luhut: Indonesia negara maritim jika mampu kuasai lautan

Untuk menyerap lulusan PIP Makassar pihaknya melakukan kerja sama antara PIP Makassar dengan berbagai perusahaan pelayaran, baik dalam negeri maupun perusahaan internasional yang bergerak di bidang transportasi laut.

"Untuk penyerapan lulusan di dunia kerja PIP Makassar merupakan sasaran dari industri untuk mendapatkan SDM pelaut dan tenaga lainnya di bidang pelayaran, tidak hanya di dalam negeri namun juga internasional. Sehingga hal ini dapat menjadi pemasukan untuk devisa cukup besar bagi negara kita," katanya.

Bahkan, setiap tahunnya pertemuan dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada di Indonesia, dimana pertemuan tersebut dilakukan di Jakarta, Surabaya, Makassar dan Banjarmasin. Dalam pertemuan tersebut dilakukan penandatanganan kerjasama beberapa Perusahaan Pelayaran untuk melakukan perekrutan SDM lulusannya.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Syarat perjalanan tetap ketat meski pandemi akan jadi endemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar