Ini sudah dimulai, sebab kalau 2013 dianggap terlambat
Jakarta (ANTARA) - Dewan Pakar The Habibie Center Indria Samego mengatakan bahwa politik nasional akan semakin memanas mendekati 2014.

"Pada 2011 sudah mulai tensinya, semakin mendekati 2014 semakin panas, dan partai-partai merasa terlalu lambat kalau tidak mulai," katanya dalam acara refleksi 2010 dan perspektif 2011 di Jakarta, Selasa.

Indria mengatakan, peningkatan tensi politik terkait perebutan posisi dalam RUU Paket politik yang kini tengah dibahas. Menurut dia, semua partai politik tidak ingin merugi dalam RUU Politik yang akan disahkan, terutama terkait dengan ambang batas minimum partai politik di parlemen.

"Apalagi PT bisa menaikan lima persen, akan semakin membuat gaduh," katanya.

Indria menambahkan, panasnya suhu politik tersebut membuat figur-figur yang ingin berpacu dalam pemilihan presiden 2014 nanti mulai menampakan diri.

"Ini sudah dimulai, sebab kalau 2013 dianggap terlambat," katanya.

Menurut Indria, mulai 2011 juga akan muncul politik delegitimasi bahkan pembunuhan karakter untuk menjegal lawan-lawan politiknya. Berbagai kasus akan muncul untuk menghambat pergerakan partai politik lawan atau pun juga para figur yang muncul.

"Ini juga terkait dengan figur 2014 dimana SBY tidak lagi bisa mencalonkan, sehingga semua akan berlomba-lomba baik dalam positif maupun negatif," katanya.

Indria juga menambahkan, sekretariat gabungan partai-partai koalisi tidak akan menjadi efektif karena masing-masing partai politik akan memikirkan kepentingannya untuk 2014.

(M041/R018/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011