Mendes PDTT dorong warga desa dapat vaksinasi dosis kedua

Mendes PDTT dorong warga desa dapat vaksinasi dosis kedua

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menjadi Pembina Apel Kementerian di Jakarta, Senin (4-10-2021). (ANTARA/HO-Kemendes PDTT)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mendorong agar warga desa mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis kedua guna mengejar kekebalan kelompok.

"Kami berharap seluruh warga desa, minimal 70 persen, menjadi sasaran vaksinasi dan tuntas dengan mendapatkan dua dosis," kata Halim Iskandar di Jakarta, Senin.

Baca juga: Mendes minta pegawainya jadi "role model" hidup sehat di masa pandemi

Dia meminta serbuan vaksinasi terus digenjot ke pelosok-pelosok desa di Indonesia.

"Pemberian vaksin akan mempercepat pemulihan kesehatan sehingga aktivitas ekonomi bisa berjalan lebih cepat," kata Gus Halim, sapaan akrabnya.

Ia menyayangkan masih banyak stigma negatif terkait vaksinasi COVID-19 di kalangan warga sehingga mereka takut menerima vaksinasi.

Untuk itu, kata Gus Halim, para pendamping desa harus bekerja sama dengan kepala desa untuk meyakinkan seluruh warga agar mau menerima vaksinasi COVID-19.

"Ini menjadi tugas pendamping desa dan kepala desa untuk meyakinkan mereka jika vaksin aman dan halal," katanya.

Lebih lanjut Halim Iskandar mengatakan, penurunan kasus positif, kasus aktif, hingga turunnya tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate) rumah sakit rujukan COVID-19 dalam dua bulan terakhir patut disyukuri.

Menurut dia, capaian ini sungguh luar biasa dan patut disyukuri mengingat banyak negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia justru mengalami kenaikan angka kasus harian COVID-19.

Meski demikian, kata Halim Iskandar, ikhtiar harus terus dilakukan agar kondisi yang sudah baik sekarang ini bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan, salah satunya dengan mengejar kekebalan kelompok.

Baca juga: Mendes PDTT blusukan di Jawa Barat tuntaskan data SDGs Desa

Baca juga: Mendes PDTT: Mengamalkan Pancasila jadi keharusan seluruh masyarakat


Baca juga: 45,8 juta warga Indonesia sudah jalani vaksinasi dosis kedua

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua ​​​​​​​

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mendes PDTT sebut Gernas BBI bangkitan pertumbuhan desa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar