Roma (ANTARA News/AFP) - Pemain rekrutan baru AC Milan Mark van Bommel akan membuat penampilan pertamanya di liga utama Italia (Serie A) saat tim itu bertandang ke Catania pada Sabtu.

Peman internasional Belanda hingga Selasa lalu masih menjadi kapten Bayern Munich, namun kini dia bergabung dengan Milan dalam kontrak lima bulan sebelum kontraknya di Jerman akan berakhir, dalam status bebas transfer.

Mantan pemain tengah Barcelona dan PSV yang pernah ikut memperkuat timnas Belanda sebanyak 66 kali, membuat debut untuk Milan bersama pemain rekan senegaranya Urby Emanuelson di Piala Italia melawan Sampdoria pada Rabu.

Dalam pertandingan di Piala Italia itu, Van Bommel ikut andil besar bagi terciptanya gol yang dibuat Pato ketika Milan menang 2-1 atas Sampdoria.

"Van Bommel melakukan sebuah pekerjaan bagus," kata pelatih Milan Massimiliano Allegri.

"Pada babak pertama dia harus bisa mendapatkan tempat di lapangan karena dia harus bermain di posisi yang tidak biasa dia tempati, dia tampil lebih baik pada babak kedua, dia berdua bersama Emanuelson telah menunjukkan bahwa mereka berguna bagi kami," katanya.

Sementara itu Catania berjanji akan bertanding ketat menghadapi lawannya, meskipun mereka hanya tim lemah yang kini berada di urutan ke-16 klasemen.

Tim yang bermarkas di Sicilia itu kini mengemas 19 dari 22 poin di kandang, dengan kemenangan atas Parma, Cesena, Udinese, Bari dan Brescia, dan juga bermain imbang melawan Bologna, Napoli, Fiorentina dan Chievo.

"Kami belum habis di liga, masih ada banyak cara untuk melaju dan masih banyak pertandingan di depan, kami masih kehilangan 36 poin," kata Allegri.

Berikut jadwal pertandingan liga utama Italia.

Pertandingan Sabtu (seluruhnya waktu GMT)

Lazio v Fiorentina (1700), Catania v AC Milan (1945)

Minggu

Brescia v Chievo (1130), Bologna v AS Rome, Cagliari v Bari, Genoa v Parma, Inter Milan v Palermo, Lecce v Cesena, Napoli v Sampdoria (all 1400), Juventus v Udinese (1945).(*)

(Uu.A020/S004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011