AsiaNet 43065

     DAVOS, Swiss, 29 Januari 2011 (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- Dengan menyebut keuntungan dramatis yang dicapai dengan vaksin polio, Perdana Menteri David Cameron, Bill dan Melinda Gates mengimbau para pemimpin dunia untuk menyelesaikan pekerjaan
 
     Perdana Menteri Inggris David Cameron hari ini mengatakan bahwa Inggris akan menggandakan kontribusinya saat ini terhadap pemberantasan polio.

     Bapak Cameron meminta donor lain untuk mendukung Global Polio Eradication Initiative saat ia mengumumkan komitmen Inggris yang akan memvaksinasi sepenuhnya 45 juta anak lagi terhadap penyakit ini.

     Dalam 20 tahun, kasus polio telah berkurang 99 persen dan penyakit itu sekarang hampir menjadi penyakit kedua dalam sejarah - setelah cacar - yang harus dihapuskan. Pada tahun 2010, India dan Nigeria - yang secara historis merupakan tantangan tersulit untuk pemberantasan - mengurangi kasus masing-masing 95 persen. Namun, dewasa ini polio masih ada di lebih dari selusin negara, melumpuhkan dan menewaskan anak-anak.

     Perdana Menteri Cameron mengatakan: "Saya dengan penuh semangat percaya bahwa kita memiliki peluang sekali dalam seumur hidup untuk menyelamatkan dunia dari kejahatan polio. Kita memiliki vaksin dan alat untuk melakukannya. Yang hilang adalah kemauan politik yang nyata dan berkelanjutan untuk melihat upaya ini sampai akhir.

     "Itu sebabnya saya mengumumkan hari ini bahwa Inggris siap memvaksinasi sepenuhnya 45 juta anak lagi terhadap polio, melalui dukungan dua kali lipat kami untuk Global Polio Eradication Initiative selama dua tahun ke depan.

     "Sebagai imbalan atas janji itu, kami meminta donor lain untuk ikut membantu, dan negara-negara yang terkena dampak untuk memperkuat program imunisasi rutinnya.

     "Sejauh ini kami telah memberantas polio. Kami hampir memberikan sebuah dunia yang bebas polio bagi untuk semua anak kita Marilah kita menyelesaikan pekerjaan. Dan marilah kita memberantas polio untuk selamanya."

     Ketika berbicara pada Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Bill Gates mengumumkan bahwa Bill & Melinda Gates Foundation telah menjanjikan tambahan $102 juta untuk mendukung upaya membasmi penyakit tersebut.

     "Menghilangkan satu persen terakhir polio memerlukan jenis kepemimpinan politik yang ditunjukkan oleh pemerintah Inggris dan Perdana Menteri Cameron hari ini," kata Gates. "Pemberantasan polio membutuhkan pemikiran inovatif dan kemauan politik, serta dana dari berbagai donor, guna mendukung program agresif yang akan menyelesaikan pekerjaan."

     Andrew Mitchell, Menteri Negara Pembangunan Internasional Inggris, mengatakan: "Inggris berada di garis depan perang melawan polio. Kami telah menyediakan dana untuk 1,2 miliar dosis vaksin polio untuk anak selama dua tahun terakhir dan janji kami berarti jutaan orang lagi akan dilindungi dari penyakit yang mengerikan ini.

     "Tujuan akhir pemberantasan penuh hanya dapat dicapai jika negara dan organisasi lain memainkan peran mereka dan mengucurkan dana."

     Dr Margaret Chan, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, yang memimpin Global Polio Eradication Initiative (GPEI), bergabung dengan Perdana Menteri dan Gates dalam pengumuman itu.

     "Investasi baru ini datang pada saat yang kritis dalam memerangi polio," kata Dr Chan. "Kita sekarang memiliki peluang, dengan kasus yang selalu rendah. Namun jika ada polio di mana pun kita beresiko terkena polio di mana-mana. Hanya pemberantasan yang akan memastikan bahwa polio tidak muncul kembali sebagai ancaman global."

     Dana baru dari Inggris ini, serta dukungan yang diumumkan dari Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Putera Mahkota Abu Dhabi minggu ini, akan membantu mengisi kesenjangan pendanaan sebesar $720 juta.

     Polio tetap endemik di empat negara - Afghanistan, India, Nigeria dan Pakistan - dan terdapat wabah penyakit tahun lalu di Angola, RDK dan Tajikistan.

     Dana baru akan membantu GPEI membeli vaksin dan melakukan aktivitas imunisasi. Dalam dua tahun ke depan, lebih dari tiga miliar dosis vaksin polio oral akan diperlukan untuk mengimunisasi anak-anak kecil. Pendanaan juga dibutuhkan untuk aktivitas seperti pengawasan dan bantuan teknis. Staf bidang pemberantasan polio sekarang merupakan sumber terbesar bantuan teknis untuk imunisasi di negara-negara berpenghasilan rendah. Program ini juga akan mengalokasikan dana baru untuk upaya tanggap darurat di daerah-daerah seperti Republik Kongo, yang baru-baru ini telah mengalami wabah besar virus.

     Tahun lalu pada Forum Ekonomi Dunia, Bill dan Melinda Gates mengimbau agar 10 tahun ke depan menjadi Dekade Vaksin. Visi ini adalah dunia 10 tahun dari sekarang di mana masyarakat kesehatan dunia bersama-sama memberikan vaksin yang menyelamatkan nyawa kepada setiap anak yang membutuhkannya, dan berinvestasi dalam vaksin yang belum ada.
 
     Tahun pertama ini telah mengalami sukses yang luar biasa:

     - Vaksin meningitis baru yang diluncurkan di Burkina Faso
     - Mekanisme Komitmen Pasar Maju GAVI untuk mendanai pengiriman vaksin pneumokokus di Amerika Latin dan Afrika
     - Pengurangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam polio di Nigeria
(turun menjadi 19 kasus dari 388 pada tahun 2009, dan India (41 kasus vs 741 pada tahun 2009)
     - Kemajuan signifikan dalam mengembangkan vaksin malaria yang layak.

     Mitra-mitra vaksin dari seluruh dunia bersama-sama menentukan Rencana Aksi Vaksin Rencana Global untuk memandu penemuan, pengembangan dan pengiriman vaksin yang menyelamatkan jiwa pada dekade berikutnya.

     CATATAN UNTUK REDAKTUR

     Tentang Pengumuman Inggris mengenai Polio di Davos Januari 2011
     Tunduk pada dua syarat, Inggris akan melipatgandakan dukungannya atas GPEI dalam dua tahun ke depan (menjadi GBP 40 juta per tahun) yang akan membantu memvaksinasi sepenuhnya 45 juta anak lagi. Kedua syarat ini hanya akan berlaku untuk tambahan GBP 20 juta setiap tahun:
 
     - pertama, bahwa bantuan tambahan ini didukung oleh komitmen untuk memperkuat imunisasi rutin. Program imunisasi rutin berbasis negara sangat penting untuk memastikan bahwa pemberantasan polio dapat dipertahankan di masa mendatang. Negara-negara harus memprioritaskan kapasitas sistem kesehatan nasional sekarang jika kita ingin mempertahankan pemberantasan di masa depan.
     - kedua, bahwa dukungan kita memiliki efek tambahan meningkatkan lebih banyak upaya dari orang lain untuk memperluas dan memperdalam pendanaan melalui basis dana yang cocok.
     - Bagaimana basis yang cocok itu bekerja? Untuk setiap $5 yang dijanjikan oleh pihak lain mulai 1 Januari 2011 sampai 31 Desember 2012, Inggris akan meningkatkan dukungannya sebesar $1 sampai dengan maksimal tambahan GBP 40 juta yang diumumkan.

     Tantangan Inggris ini bertujuan membantu GPEI memperluas basis donor dan memperkuat opsi pendanaan yang berkelanjutan ke masa depan serta menciptakan peluang bagi pihak lain untuk terlibat.

     Tentang Bill & Melinda Gates Foundation
     Dengan berpedoman keyakinan bahwa setiap hidup memiliki nilai yang sama, Bill & Melinda Gates Foundation berupaya membantu semua orang hidup sehat dan produktif. Di negara-negara berkembang, yayasan ini berfokus pada usaha meningkatkan kesehatan orang serta memberi mereka kesempatan untuk mengentaskan diri dari kelaparan dan kemiskinan parah. Di Amerika Serikat, yayasan ini berupaya memastikan bahwa semua orang-khususnya mereka yang termiskin sumber dayanya-memperoleh peluang yang mereka butuhkan agar berhasil di sekolah dan dalam hidup. Yayasan yang berbasis di Seattle, Washington ini dipimpin oleh CEO Jeff Raikes dan Ketua Bersama William H. Gates Sr., di bawah arahan Bill dan Melinda Gates serta Warren Buffett. Ketahui lebih lanjut di http://www.gatesfoundation.org

     Untuk foto resolusi tinggi dan informasi tentang aktivitas yayasan ini, silakan kunjungi:
http://www.gatesfoundation.org/press-room/Pages/news-market.aspx.

     Tentang Global Polio Eradication Initiative
     Global Polio Eradication Initiative adalah sebuah kemitraan umum-swasta yang dipimpin oleh pemerintah nasional dan dipelopori oleh Organisasi Kesehatan Dunia - World Health Organization (WHO), Rotary International, Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit AS - US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), dan Dana Anak PBB - United Nations Children's Fund (UNICEF). Tujuannya adalah untuk memberantas polio di seluruh dunia.

     Pemerintah AS, Rotary International, Pemerintah India, Bill and Melinda Gates Foundation dan Pemerintah Inggris adalah penyandang dana utama GPEI.

     SUMBER: Bill & Melinda Gates Foundation

     KONTAK: Alex Reid, Bill & Melinda Gates Foundation
             Alex.reid@gatesfoundation.org
             +44-7912-242-416;

             Benjamin Saoul, Kantor Pers Perdana Menteri
             BSaoul@no10.x.gsi.gov.uk
             +44(0)20-7930 4433;

             atau Rob Kelly, DFID
             R-Kelly@dfid.gov.uk
             +44(0)207-023-0600

Pewarta: Adityawarman
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011