Jakarta (ANTARA News)- Perayaan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleston tampaknya akan menjadi pesta pernikahan terakbar di Inggris selama 2011.

Beberapa sumber di BBC dan BSkyB, dua layanan televisi di Inggris, mengaku sedang berunding dengan pejabat istana untuk menayangkan upacara itu secara langsung dari Westminter Abbey, dalam format tiga dimensi alias 3D.

Pernikahan keluarga kerajaan Inggris itu akan menjadi siaran langsung terbesar di Inggris, selain tayangan olahraga, yang akan ditanyangkan dalam format 3D.

"Kami sedang mencari kemungkinan untuk menayangkan pernikahan kerajaan dalam format 3D dan kami telah melakukan melakukan beberapa pembicaraan awal dengan pejabat kerajaan tentang kemungkinan itu," papar seorang sumber dari BskyB seperti dikutip Telegraph.

Sementara itu seorang staf kerajaan mengaku pihak Istana sangat terbuka untuk menerapkan teknologi baru itu dalam pernikahan Pengeran William, salah satu calon pewaris Tahta Kerajaan Inggris itu.

"Kami sangat terbuka tentang gagasan 3D itu, selama siaran itu tidak mengganggu perayaan di Abbey," jelas si pejabat.

Meski demikian ia mengatakan pihak istana berusaha menghindari situasi ketika kamera mengganggu sakralnya perayaan.

"Kami pun ingin memastikan pasangan yang menikah tidak merasa terganggu karena merasa mereka seakan berada di studio televisi," paparnya lebih lanjut.

Meski demikian, jika pernikahan itu jadi ditayangkan dalam format 3D, para penonton tetap memerlukan kacamata khusus atau televisi berteknologi 3d untuk menyaksikannya.

Januari 2010, BSkyB menjadi layanan televisi satelit pertama di dunia yang menayangkan pertandingan sepak bola dalam format 3D.

(Ber/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011