Jakarta (ANTARA News) - Research in Motion (RIM) kembali menunjukkan tajinya dengan mengalahkan Apple dan Android di Inggris.

RIM mengklaim Blackberry adalah smartphone nomor satu di Inggris pada 2010 dengan pangsa pasar sebesar 28,2 persen. Blackberry laku keras di semua produsen utama dan smartphone itu terjual lebih dari setengah juta unit.

Penelitian oleh GfK menunjukkan Blackberry menguasai rekor tertinggi dengan pangsa 36 persen di pasar smartphone pada Desember 2010, juga dalam segmen perangkat pra-bayar dengan 51,1 persen pangsa pasar, menurut laporan Telegraph.

Data itu hanya mencakup penjualan kepada pelanggan belum termasuk perusahaan dan bagian penjualan usaha kecil dan menengah.

Stephen Bates, Managing Director Research in Motion Inggris mengatakan bahwa peran perangkat saat ini telah bergeser dari "ruang eksekutif ke ruang keluarga".

Dia menjelaskan pengguna baru Blakberry sebagian besar adalah anak muda yang tertarik kepada layanan BlackBerry Messenger (BBM), browsing web dan email.

Menurut Bates, Blackberry App Store memiliki 16 ribu aplikasi, semua aplikasi itu "terintegrasi" dengan platform. Biasanya pengguna hanya menggunakan empat atau lima "aplikasi kunci".

Meskipun demikian analis tidak mau mengomentari data itu, sebuah data angka penjualan yang hanya didorong oleh popularitas BBM semata di kalangan anak muda.

"Momentum itu jelas tantangan buat Android," kata seorang analis, "tetapi platformnya tidak memiliki perangkat unggulan pada 2010".

(Adam/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011