Jayapura (ANTARA) - Anandia Traciel Vanessae Evato meraih emas keduanya setelah menjadi yang terbaik pada nomor 50 meter gaya dada putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Kamis.

Perempuan yang akrab disapa Vanessa itu membukukan catatan waktu tercepat 32,69 detik.

Hasil tersebut mempertajam rekor PON yang dia torehkan saat Jawa Barat 2016 dengan 33,22 detik.

Dalam persaingan PON Papua, wakil Riau itu mengalahkan Eva Lilian Van Leenen dari Bali yang membukukan 32,73 detik dan atlet Jawa Timur Nurita Monica Sari yang finis ketiga dengan 33,26 detik.

Bagi Vanessae, ini emas kedua sepanjang tampil dalam pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut. Sebelumnya, dia juga menjadi yang terbaik pada nomor 100 meter gaya dada putri.

Baca juga: Gagarin sabet medali emas nomor 50 meter gaya dada

Selain itu, Vanessae juga menyumbang perak dan perunggu untuk Riau masing-masing pada nomor 200 meter gaya dada putri dan 400 gaya ganti perseorangan putri.

​​"Sangat puas banget dengan hasil yang saya capai dalam enam terakhir dalam nomor-nomor yang menjadi unggulan saya di 50, 100, 200 meter," kata Vanessae usai lomba.

Sebelumnya pada nomor 50 meter gaya dada putra, Gagarin Nathaniel Yus meraih emas setelah finis terdepan dengan mencatatkan waktu 28,34 detik.

Catatan waktu tersebut lebih baik dari babak kualifikasi pada pagi harinya dengan 28,60 detik.

Gagarin memecahkan rekor PON milik Indra Gunawan yang pada PON Jawa Barat 2016 membukukan waktu 28,60 detik atau sama ketika Gagarin membukukan waktu dalam kualifikasi PON Papua.

Sementara untuk posisi kedua ditempati atlet Jawa Barat Muhammad Fachri yang mencatatkan waktu 28,81 detik. Adapun perunggu menjadi milik Andi Muhammad Nurrizka dari Jawa Timur yang  membukukan 28,91 detik.

Baca juga: Reza Bayu terdepan di nomor 200m gaya kupu-kupu PON Papua
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021