Jakarta (ANTARA News) - Semarang Bank Jateng mengandaskan Jogja Yuso Gunadarma 3-1 (23-25, 25-22, 26-24, 25-14) pada pertandingan Sampoerna Hijau Voli Proliga 2011 Putaran pertama Seri 1 di Gedung Basket Senayan Jakarta, Sabtu.

Meski kalah pada set pertama dengan skor 23-25, Semarang Bank Jateng langsung bangkit pada set kedua.

Dengan mengandalkan dua pemain asingnya yaitu Guilherme Lopezdesouza dan Marcello Baci Ramos, Semarang akhirnya mampu mengambil set kedua dengan skor 25-22.

Kedudukan imbang 1-1 membuat kedua tim berusaha mengambil kemenangan di set ketiga dan kejar mengejar dalam peroleh poin terus terjadi.

Meski Yuso hanya mengandalkan pemain lokal sepert Raditya, namun sempat merepotkan Semarang Bank Jateng.

Kompaknya permainan dari tim debutan ini membuat Jogya Yuso kesulitan untuk meraih poin. Apalagi kedua pemain asing Semarang Bank Jateng terus menghasilan poin. Akhirnya anak asuh Sarnam itu mampu merebut set ketiga dengan skor 26-24 sehingga merubah kedudukan menjadi 2-1.

Tidak ingin peluang menang yang telah didepan mata, Semarang Bank Jateng diset keempat ini langsung memberikan tekanan pada Jogya Yuso sehingga langsung unggul jauh 21-12.

Smes-smes keras dan menghasilkan poin terus dilakukan oleh pemain asingnya, Marcello. Meski kidal pemain asal Argentina itu terus menjadi kartu truf sehingga membuat unggul Semarang Bank Jateng dengan skor 25-14.

"Pemain asing bermain cukup bagus. Kebetulan open dan quicknya juga jalan. Peran pemain lokal juga maksimal," kata pelatih Semarang Bank Jateng, Sarnam usai pertandingan.

Menurut dia, meski saat ini mengandalkan pemain asing, timnya juga tetap menyiapkan formasi tanpa pemain asing. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pemain asing yang ada mengalami cedera ataupun tidak bisa bermain penuh.

Sementara itu pelatih Jogja Yuso Gunadarma, Putut Marhaento mengatakan, pada set pertama sebetulnya bisa menguasai permainan dan merebut kemenangan. Namun diset kedua banyak mengalami kegagalan sehingga berpengaruh pada permainan.

"Set kedua irama bermainan hilang. Kondisi ini dimanfaatkan lawan. Yang jelas pemain asing lawan sangat berperan," katanya.

Menurut Putut, meski pada pertandingan pertama mengalami kekalahan, ia optimistis mampu bangkit karena pada pertandingan berikutnya akan menurunkan pemain asingnya.

Rencanannya Jogja Yuso akan mendatangkan pemain asal Amerika Serikat yaitu Steve Closterman (197 cm) dan Ducan Budinger dengan tinggi badan 203 cm. Selain itu juga akan mendatangkan pemain asal Kroasia. (B016/A032/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011