Padang (ANTARA News) - Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak mengirimkan wakilnya untuk menghadiri Komisi Status Perempuan PBB atau "UN Commission on Status of Women" di Markas PBB, New York, tanggal 20 hingga 25 Februari 2011.

"Kementerian kami mengirimkan sekretaris menteri, Sri Danti ke acara sidang PBB di New York," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar di Padang, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat membuka acara Musyawarah Daerah VIII Badan Koordinasi Organisasi Wanita di gedung auditorium rumah dinas gubernur Sumatera Barat.

Linda menjelaskan, dalam sidang tersebut Indonesia akan memaparkan kepada wakil perempuan dari seluruh dunia terkait keberhasilan berbagai program.

"Kami akan memaparkan keberhasilan berbagai program di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," kata Linda.

Dia juga menyebutkan, sidang komisi status perempuan itu sendiri merupakan forum penting untuk memengaruhi pengambilan keputusan di seluruh dunia dalam mempromosikan hak-hak perempuan dan kesetaraan gender.

Sidang ke 55 Komisi Status Perempuan PBB kali ini mengambil tema "Akses dan Partisipasi Anak Perempuan terhadap Pendidikan, Pelatihan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, termasuk Mempromosikan Kesetaraan Akses bagi Perempuan terhadap Pekerjaan Penuh dan Layak".

Linda juga menyebutkan selain memaparkan keberhasilan sejumlah program, wakil Indonesia juga akan mendengarkan masukan dari berbagai negara terkait perempuan dan anak.

"Masukan tersebut akan kita pergunakan untuk melengkapi program yang sudah ada dan menjadi bahan evaluasi terhadap program yang selama ini sudah berjalan," katanya.

Menteri berharap dari acara di New York tersebut Indonesia akan mendapat banyak pelajaran penting khususnya soal mewujudkan kesetaraan gender.

(W004/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011