Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tinggi gelombang di Perairan Merak-Bakauheni berkisar 0,5-1,2 meter, pada Kamis. Selain itu, cuaca di Selat Sunda bagian utara tersebut berawan, angin bertiup dengan kecepatan 04-10 knot.

Di Selat Sunda bagian selatan tinggi gelombang berkisar 2,0-3,0 meter, cuaca berawan dan angin bertiup dengan kecepatan 10-20 knot.

Gelombang 1,5-2,0 meter berpeluang di Selat Bangka bagian utara, cuaca berawan sebagian hingga berawan banyak dan angin dari barat laut ke utara dengan kecepatan 10-18 knot.

Di Selat Bangka bagian selatan tinggi gelombang berkisar 0,5 meter, cuaca berawan sebagian hingga berawan dan angin bertiup dengan kecepatan 05-10 knot.

Gelombang 1,0-1,5 meter, berpeluang di Selat Gelasa, angin bertiup dengan kecepatan 10-15 knot, dan cuaca berawan sebagian hingga berawan banyak.

Sementara di Selat Bali Bagian Utara ( Ketapang - Gilimanuk ) berkisar 0,3-0,8 meter, cuaca berpeluang hujan dan angin dari barat ke barat laut dengan kecepatan 03-19 knot.

Di Selat Bali Bagian Selatan dan Selat Badung, tinggi gelombang berkisar 0,3-1,5 meter, cuaca berpeluang hujan dan angin dari barat ke barat laut dengan kecepatan 03-25 knot.

Sedangkan di Selat Lombok bagian utara (Padang Bai - Lembar ) tinggi gelombang berkisar 0,3-1,3 meter, cuaca berpeluang hujan dan angin dari barat ke barat laut dengan kecepatan 03-24 knot.

Di Selat Lombok bagian selatan tinggi gelombang berkisar 0,3-1,5 meter, cuaca berpeluang hujan dan angin dari barat ke barat laut dengan kecepatan 03-25 knot.

BMKG juga menginformasikan, gelombang 2,0-3,0 meter berpeluang di Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga NTB, perairan selatan P.Sumba, Laut Sawu bagian utara, Laut Cina Selatan, Perairan Kep. Natuna, Perairan Kep. Anambas, Perairan selatan Sulawesi, Laut Flores bagian barat, Laut Maluku bagian utara, Perairan Kep.Sangihe, Perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, dan Perairan utara Papua Barat.

Gelombang 3,0-4,0 meter berpeluang di Laut Sawu bagian selatan, Perairan selatan Kupang hingga P. Rote, Laut Flores bagian timur, Laut Banda bagian utara, Perairan Kep. Leti dan Kep. Sermata, Perairan Kep. Kai dan Kep. Aru, Perairan Kep. Babar dan Kep. Tanimbar, Perairan Yos Sudarso, Perairan Kep. Talaud, dan Perairan utara Papua bagian timur.

Sementara gelombang 4,0-5,0 meter berpeluang di Laut Timor, Laut Banda bagian selatan, serta Laut Arafuru.(*)

(ANT/T013)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011