Aplikasi CNN akan mengekspos kiriman berita terbaik dari ratusan dan ribuan iReporters di seluruh dunia, dan memungkinkan mereka mengirimkan iReports mereka sendiri dan berpartisipasi bersama kami,
Jakarta (ANTARA News) - Pada hari Kamis CNN menjadi salah satu perusahaan pertama di luar  Google yang menawarkan aplikasi untuk tablet Android, termasuk untuk Xoom Motorola yang baru saja dirilis.

Aplikasi gratis itu mirip dengan aplikasi CNN untuk iPad Apple, pemimpin pasar tablet saat ini. Letak perbedaan aplikasi itu, para pengguna dapat langsung mengirimkan berita mereka ke iReport CNN.

iPad tidak memiliki kamera untuk memotret foto kejadian yang sedang berlangsung atau video untuk merekam berita. Sebaliknya, beberapa tablet berbasis Android seperti Xoom dan Samsung Galaxy Tab memiliki kamera di depan dan belakang.

Aplikasi baru ini bertujuan untuk mengusung jurnalisme warga ke tablet.

"Aplikasi CNN akan mengekspos kiriman berita terbaik dari ratusan dan ribuan iReporters di seluruh dunia, dan memungkinkan mereka mengirimkan iReports mereka sendiri dan berpartisipasi bersama kami," kata Louis Gump, wakil presiden CNN untuk mobile dalam siaran persnya.

Untuk saat ini, aplikasi ini hanya tersedia pada Android Market di AS.

Aplikasi tablet CNN dirancang khusus untuk beroperasi pada sistem operasi Google Android terbaru, yang disebut "Honeycomb".

Aplikasi CNN itu menonjolkan tata letak, lay out yang menarik dan sepintas mirip dengan aplikasi berita populer yang disebut Pulse.

Aplikasi itu beroperasi dalam dua mode -  satu menyoroti berita untuk audiens internasional dan lainnya fokus pada audiens AS, serta update berita dan audio setiap jam dari CNN Radio.

Aplikasi itu juga menyoroti komentar dari pembaca CNN.

"Aplikasi itu mencakup kemampuan pengguna untuk mengomentari di samping konten pada layar atau berbagi cerita dengan teks dan gambar melalui e-mail, Facebook dan Twitter," kata  rilis CNN.

"Pengguna juga dapat membolak-balik letak berita utama dan gambar pada layar home screen dengan menggunakan aplikasi gambar widget itu."

Blogger telah mencatat kekurangan aplikasi itu yang beroperasi pada Honeycomb.

Banyak aplikasi ponsel Android dirancang untuk bisa bekerja pada tablet, tapi aplikasi itu tidak dapat berjalan maksimal pada layar tablet yang lebih besar.

Blog VentureBeat menulis bahwa aplikasi seperti CNN yang dapat beroperasi pada iPhone Apple dan iPad," tidak sesuai pada tablet Android.

"Google harus benar-benar membuat aplikasi yang dapat berjalan lancar pada tablet Android. Jika mereka yakin ingin mengejar iPad. Pasar tablet adalah subyek dari perang  tahun ini," tulis Dean Takahashi.

MSNBC menulis popularitas tablet Android bersandar pada aplikasi.

"Keberhasilan program tablet Android diukur dari berapa banyak pihak lain yang mengembangkan aplikasinya, saat ini belum bisa kita tentukan mana pemenangnya," kata Wilson Rothman.
(Adm/A038/BRT)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011