Penerbangan tujuan Bali sejak Sabtu pagi pukul 05.00 WIB ditiadakan hingga Minggu (6/3) pukul 05.00 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) - Tiga penerbangan tujuan Denpasar, Bali yang berangkat dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Sabtu ditiadakan untuk menghormati perayaan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1933.

"Penerbangan tujuan Bali sejak Sabtu pagi pukul 05.00 WIB ditiadakan hingga Minggu (6/3) pukul 05.00 WIB untuk menghormati perayaan Hari Raya Nyepi di Bali," kata Humas Bandara Adisutjipto Yogyakarta Isye Yuviana, Sabtu.

Menurut dia, ada tiga penerbangan tujuan Denpasar yang dibatalkan karena bandara Ngurah Rai Denpasar hari ini tidak beroperasi dalam sehari penuh.

"Tiga penerbangan yang ditunda yakni Lion Air dan Garuda Airlines, Lion sebenarnya dijadwalkan berangkat pukul 06.30 WIB dan Garuda Airlines pukul 07.15 WIB dan pukul 19.00 WIB nanti, tapi ketiga penerbangan ditunda karena Bandara Ngurah Rai ditutup, sehingga untuk hari ini penerbangan yang dari Denpasar ke Yogyakarta juga tidak ada," katanya.

Ia mengatakan, ditiadakannya penerbangan tujuan Denpasar tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

"Tidak ada penurunan jumlah penumnpang yang signifikan, rata-rata satu penerbangan tujuan Denpasar mengangkut penumpang sebanyak 150 orang sehingga total penurunan hanya sekitar 450 orang saja, dari total rata-rata per hari sekitar 5.000 penumpang untuk keberangkatan," katanya.

Isye mengatakan, liburan akhir pekan ini juga tidak berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

"Sejak kemarin jumlah penumpang cenderung stabil, libur akhir pekan ini tidak berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penumpang melalui Adisutjipto Yogyakarta," katanya.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011