Jakarta, 18/3 (ANTARA) - Pemain keturunan Indonesia-Belanda yang mengikuti program Indonesia Tanah Air Beta berminat bermain di kompetisi sepak bola profesional di Indonesia.

Keinginan para pemain yang mayoritas berdarah Maluku itu terungkap saat audiensi dengan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Gedung Kemenpora Jakarta, Jumat.

"Saya juga pernah dihubungi oleh klub Semarang United. Mereka berminat merekrut saya setelah pertandingan Indo-Holland di Surabaya dan Malang beberapa waktu yang lalu," kata pemain keturunan, Y. Pesulima.

Pada audiensi itu selain dihadiri pejabat Kemenpora yaitu Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemepora Djoko Pekik Irianto serta Staf Khusus Presiden RI Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, Velix Wanggai.

Saat ditanya oleh oleh Staf Khusus Menpora Ivana Lie, apakah mereka punya niat untuk bermain di Indonesia, hampir semua pemain yang hadir mengangkat tanda mereka punya keinginan bermain dinegeri leluhurnya.

Selain berminat bermain di kompetisi profesional, mereka juga berminat memperkuat Timnas Merah Putih, jika kemampuannya bisa diterima oleh jajaran pelatih.

Chiva Tenu dan kawan-kawan, selain melakukan audiensi dengan pihak Kemenpora juga menggelar pertandingan futsal persahabatan melawan tim futsal Ragunan. Dalam pertandingan itu tim keturunan yang dikenal dengan Jong Indonesia unggul 7-5.

Sementara itu, Menpora Andi Mallarangeng mengatakan, kedatangan pemain Jong Indonesia itu merupakan kunjungan persahabatan yang selama ini belum pernah dilakukan. Apalagi semua pemain adalah murni keturunan Indonesia.

"Selain kunjungan persahabatan, kedatangan mereka adalah untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam bermain sepak bola," katanya di sela menonton pertandingan fusal di halaman Kemenpora.

Andi mengaku, meski menyambut baik kedatangan mereka pihaknya juga sedikit kecewa dengan tidak datangnya mantan kapten timnas Belanda di Piala Dunia 2010, Giovanni van Bronckhorst.

Giovanni Van Bronckhorst merupakan pemain berdarah Maluku yang paling berpengalaman di liga sepakbola Eropa, termasuk menjuarai Liga Champions bersama Barcelona dan menjuarai Premier League bersama Arsenal.

Jong Indonesia yang merupakan pemain sepak bola keturunan Maluku selama di Indonesia menjalani beberapa agenda diantaranya adalah bertanding di tanah leluhurnya yaitu Maluku. Anak asuh Johnny Taihuttu mampu mengalahkan Maluku All Star 3-1.

Selain di Maluku, Jong Indonesia juga akan menjalani pertandingan persahabatan di Jakarta maupun di Bandung. Khusus untuk di Bandung lawan yang akan dihadapi Tim PON Jabar.
(*)



Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011