Berlin (ANTARA) - Inspirasi dari Michael Ballack memenangkan Bayer Leverkusen 2-0 atas Schalke 04 pada laga Minggu sehingga poin mereka terpaut tujuh angka dengan pimpinan klasemen kompetisi Liga Jerman (Bundesliga), Borussia Dortmund.

Dortmund ditahan imbang di kandang sendiri oleh Mainz pada laga Sabtu, sehingga posisinya masih kuat bercokol di urutan puncak dengan sisa tujuh pertandingan lagi dan mereka berpeluang meraih gelar juara Jerman untuk pertama kalinya sejak 2002.

Gol babak pertama yang diciptakan pemain bertahan Schalke Christoph Metzelder, yang mencetak gol bunuh diri pada menit ke-27, serta gebrakan dari pemain Leverkusen Eren Derdiyok, menyebabkan kemenangan Bayer dan mereka bertahan di urutan kedua.

Ballack (34) yang tampil untuk ke-10 kalinya dalam kompetisi liga musim ini karena cedera, tidak masuk dalam daftar nama pemain yang diumumkan Jumat untuk melawan Kazakhstan dan Australia, tetapi mantan kapten tim Jerman itu membangun semangat bagi Leverkusen.

"Michael Ballack memperagakan permainan yang menaikkan semangat tim. Ia berlari dengan kuat dan kelihatannya amat prima," kata pelatih Jupp Heynckes, yang sedang berhubungan dengan rencana pekerjaan di Bayern Munich karena Louis van Gaal akan meninggalkan tim itu pada akhir musim kompetisi.

Ballack bermain penuh selama 90 menit dan amat berperan dalam membangun serangan ketika lahir gol dari kaki Derdiyok setelah bekerja sama dengan rekan setimnya Simon Rolfes dan ia menunjukkan kemampuan prima seperti ketika memenangi 98 pertandingan internasional (cap) bersama tim negaranya.

Pendukung Leverkusen mengumandangkan teriakan menyanjung Ballack dengan menggunakan alat pengeras suara--seperti yang kerap dilakukan dalam kompetisi Bundesliga bila terjadi kemenangan besar-- sebagai penghormatan atas mantan pemain Chelsea itu.

"Pendukung mengelukan dia karena mereka terkesima," kata kapten tim Leverkusen, Rolfes.

"Ini merupakan hal bagus," katanya.

Sedangkan kekalahan Schalke, yang imbang atas Inter Milan pada laga perempat final Liga Champions, Jumat, berada di urutan ke-10 pada klasemen liga.

Wolfsburg menyambut kembali pelatih Felix Magath, yang dipecat Schalke, Rabu, dengan permainan imbang 1-1 atas tim yang lagi tertatih-tatih Stuttgart, ketika pemain bertahan Georg Niedermeier mencetak gol untuk menyamakan kedudukan bagi tim tuan rumah.
(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011