Jakarta (ANTARA) - Rusia mengklaim gelar Billie Jean King Cup kelima mereka pada Sabtu waktu Praha atau Minggu WIB, setelah Daria Kasatkina dan Liudmila Samsonova berhasil membuat Rusia unggul 2-0 atas Swiss.

Setelah Kasatkina meraih kemenangan 6-2 6-4 atas Jil Teichmann, Samsonova menjadi pengganti Anastasia Pavlyuchenkova yang cedera untuk mengalahkan Belinda Bencic 3-6 6-3 6-4 dan membuat Rusia mengamankan gelar pertama mereka sejak 2008 di kompetisi beregu putri.

Samsonova mengangkat tangannya dalam kemenangan dan dipeluk oleh rekan satu timnya, sementara pemain hebat Amerika Serikat Billie Jean King menyaksikan dari tribun.

"Sulit dipercaya. Itu pertarungan yang luar biasa," kata Samsonova yang emosional di lapangan, dikutip dari Reuters.

Kemenangan itu menutup pekan yang mengesankan bagi lima anggota skuad Rusia, yang semuanya berada di peringkat 40 besar.

Bahkan ketika mereka tidak dapat menurunkan pemain top mereka , peringkat 12 dunia Pavlyuchenkova, pada laga final, Rusia tidak kehilangan fokus mereka.

Baca juga: Swiss bertemu Rusia di final Billie Jean King Cup

Kasatkina, yang baru memainkan pertandingan keduanya pekan ini, membuat tim Rusia mengawali laga final dengan baik dengan mematahkan servis Teichmann di gim pertama.

"Mentalitas adalah kuncinya," kata petenis berusia 24 tahun itu. "Saya tangguh dari awal hingga akhir."

Pada pertandingan kedua, Bencic dan petenis nomor 40 dunia Samsonova membagi dua set pertama. Di set penentuan, petenis Rusia itu menyelamatkan break point di pertengahan set untuk memimpin 4-2.

Bencic, yang berusaha memberi Swiss gelar pertama, tidak pernah mendapat kesempatan lagi untuk mematahkan servis saat Samsonova memastikan kemenangan.

"Tim ini luar biasa. Mereka mencapai ini karena mereka adalah sebuah tim," kata kapten Rusia Igor Andreev.

Rusia, yang telah memenangi gelar pada pertengahan 2000-an, berkompetisi di Praha sebagai Federasi Tenis Rusia karena sanksi doping yang membuat mereka tidak dapat mengibarkan bendera dan memutar lagu kebangsaan mereka.

Dengan banyak nama teratas memilih untuk melewatkan kompetisi tahun ini untuk fokus pada WTA Finals akhir musim pekan depan, Federasi Tenis Internasional mengatakan bahwa acara tahun depan akan berlangsung sepekan kemudian.

Baca juga: Australia tantang Swiss di semifinal Billie Jean King Cup
Baca juga: Kontaveit raih gelar keempat 2021 untuk amankan tempat WTA Finals
Baca juga: Naomi Osaka beri isyarat kembali ke lapangan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021