Siak, Riau (ANTARA News) - Perum LKBN ANTARA berpartisipasi melestarikan kawasan hijau dengan menanam 10 ribu batang pohon di Siak, Provinsi Riau, bekerjasama dengan pemerintah kabupaten setempat.

"Jika kami hadir, bukan berarti ANTARA ikut-ikutan. Tetapi kami memulai dari yang kecil dan kami mengabarkan pada masyarakat dunia bahwa ada paru-paru dunia yang dirawat dan dimulai dari Riau," ujar Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Ahmad Mukhlis Yusuf dalam sambutannya pada acara yang dinamai "Bersepeda Sambil Menanam" di Kaputen Siak, Riau, Selasa.

Dalam kegiatan yang merupakan bagian dari program "ANTARA Menaman 2011" dihadiri Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan serta jajaran Pemerintah Provinsi Riau dan unsur Muspida Kabupaten Siak, Ahmad Mukhlis Yusuf menjelaskan, ANTARA ingin memulai sesuatu dari yang kecil dan dari diri sendiri.

ANTARA yang telah hadir 73 tahun bukan semata-mata membuat berita dan mengabarkan pada dunia, melainkan juga menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan memberi manfaat lain seperti melaksanakan serta medukung program penghijauan.

Seperti mendukung ajakan Pemerintah Provinsi Riau sebagai tuan rumah perhelatan akbar multi event olahraga empat tahunan tingkat nasional yang ingin mewujudkan PON XVIII di Riau pada September 2012 lewat program "Green PON".

Gerakan menanam telah dicanangkan Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dalam beberapa tahun terakhir dengan mengimplementasikan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan budaya menanam, antara lain melalui Aksi Penanaman Serentak Indonesia tahun 2007.

Kemudian, Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tahun 2008, dan Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree) pada 2009, serta program penanaman 1 miliar pohon tahun 2010.

"Dengan demikian, maka kami bisa mengabarkan pada dunia bahwa di Riau pohon-pohon telah tumbuh sehingga isu-isu negatif terhadap lingkungan di Bumi Lancang Kuning bisa hilang dengan sendirinya," katanya.

Dirut Perum LKBN ANTARA juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, baik kepada pemerintah maupun kalangan swasta yang telah mendukung kegiatan "ANTARA Menanam 2011" yang merupakan buah kerja sama antara Perum LKBN ANTARA Biro Riau dengan Pemkab Siak.

Sebelum kegiatan penananam pohon di pinggir Jalan Lintas Siak-Buton dimulai, Menhut, Gubernur Riau, Bupati Siak, Direksi dan Dewan Komisaris ANTARA serta unsur Muspida Kabupaten Siak bersama masyarakat bersepeda santai dari Kantor Bupati Siak ke lokasi penanaman sejauh satu kilometer.

Sebanyak 10 ribu bibit pohon trembesi dalam kegiatan itu ditanam di pinggir Jalan Siak-Buatan sepanjang 25 kilometer.

Acara itu sendiri diakhiri dengan pameran foto bertajuk "View of Siak" serta pemberian "door prize" kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan sepeda santai.

Menhut Zulkifli Hasan menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Perum LKBN ANTARA itu, mengingat hutan di Pulau Sumatera yang terus menyusut sehingga diperlukan kampanye media dan pemerintah guna menghentikan izin tebang pohon.

"Saat ini tutupan hutan lebat di Sumatera tidak sampai 10 persen, karena itu kita (pemerintah) telah menghentikan tebang pohon untuk izin baru," katanya.

(M046/R014/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011