Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan Ruangguru untuk meningkatkan literasi digital masyarakat melalui Ruang Literasi Digital.

"Ini kolaborasi dan upaya bersama membangun Indonesia cakap digital," kata Direktur Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, saat peluncuran virtual acara tersebut, Rabu.

Baca juga: Ruangguru gelar Liga Ruangguru, kompetisi pelajar terbesar di Indonesia

Program literasi digital ini bisa diakses melalui fitur Ruang Digital di aplikasi atau situs Ruangguru.

Platform digital untuk belajar online Ruangguru tersebut mengembangkan materi berdasarkan kurikulum Kementerian untuk literasi digital, yaitu aspek kecakapan digital, etika digital, budaya digital dan keamanan digital.

Kepala Kebijakan Publik Ruangguru, Amri Ilmma, mengatakan ada sekitar 50 video belajar yang bisa diakses secara gratis di Ruang Literasi Digital. Mereka menargetkan video ini ditonton oleh 1 juta murid, siswa maupun guru, sesuai dengan pengguna layanan mereka, untuk tahun ini.

Materi edukasi yang ditampilkan di program ini tidak hanya untuk ditonton, platform tersebut akan memberikan kuis dan latihan soal untuk menguji pemahaman peserta tentang materi yang diberikan.

Ruangguru juga berencana mengadakan pertemuan tatap muka untuk program literasi digital ini, berupa pelatihan untuk siswa atau guru supaya mereka bisa menularkan kemampuan literasi digital mereka di sekolah.

Program Ruang Literasi Digital bersama Ruangguru untuk saat ini berlangsung selama satu tahun, Kominfo menyatakan kolaborasi ini juga akan dilanjutkan untuk tahun berikutnya.


Baca juga: Dua startup Indonesia raih penghargaan G20 Innovation League 2021

Baca juga: Alta School gandeng Ruangguru luncurkan sekolah online interaktif

Baca juga: Penetrasi internet berpengaruh positif terhadap indeks nilai siswa

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021