Washington (ANTARA News) - Presiden Barack Obama pada pekan depan akan memulai  kampanye pemilihannya kembali  untuk Pilpres 2012. Kampanye itu akan dilakukan melalui pesan elektronik pada para pendukungnya, ungkap harian dan online politik Amerika Serikat, Politico, Sabtu.

Politico melaporkan kampanye itu "kemungkinan besar" akan membuat langkah pertamanya lewat pengajuan surat pendaftaran pada Komisi Pemilihan Federal (FEC) Senin, meskipun hal tersebut dapat ditangguhkan jika suatu peristiwa besar terjadi dan menutupi rencana itu.

Kampanye itu harus secara resmi dilaksanakan sebelum tanggal 14 April, ketika Obama akan mengumpulkan dana pemilihan kembali di Chicago.

Chicago-Sun Times juga melaporkan bahwa Obama akan mendaftar pada FEC "secepat-cepatnya hari Senin".

Para pejabat Gedung Putih tidak membalas telepon yang meminta mereka untuk berkomentar.

Obama merencanakan untuk mengirim pengumumannya secara langsung pada para pendukungnya melalui email, pesan teks (SMS) dan media sosial, ketimbang melakukan penampilan pribadi atau berbicara melalui perusahaan media, menurut Politico.

Kampanye itu, yang akan bermarkas di kota kediaman Obama Chicago, hanya beberapa blok dari markas besar pertarungan bersejarahnya pada 2008, diperkirakan akan bisa mengumpulkan 750 juta hingga 1 miliar dolar, menurut Politico.

Manajer kampanye Jim Messina, seorang bekas staf Sayap Barat, telah bertemu dengan para donor di sekeliling negara itu.

Obama  juga akan mengadakan pengumpulan dana di Los Angeles, San Fracisco dan New York bulan ini, menurut Chicago Sun-Times.
(S008/A038)

(Uu.SYS/B/S008/C/A011) 03-04-2011 10:51:43

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011