Malang (ANTARA News) - Persema menang atas tim tamunya Real Mataram dengan skor cukup telak 5-2 pada lanjutan Liga Primer Indonesia (LPI) di Stadion Gajayana, Jatim, Minggu sore.

Lima gol yang mengantarkan kemenangan Persema itu masing-masing dipersembahkan oleh Reza Mustofa pada menit ke-17 dan ke-82, Han Sang Min pada menit ke-19, Kim Jefry Kurniawan pada menit ke-46, dan Irfan Bachdim pada menit ke-78.

Dua gol balasan Real Mataram diborong oleh Fernando Soller pada menit ke-33 dan ke-80 dari titik penalti.

Wasit Drage Stojanovoski memberikan hadiah penalti setelah pemain Persema Bima Sakti "hands ball" di kotak terlarang.

Gol pembuka Persema diawali dari tendangan sudut M. Kamri yang dengan cepat disambar Reza Mustofa dan menjebol gawang Real Mataram yang dikawal Arik Bahtiar pada menit ke-17.

Selang dua menit kemudian atau menit ke-19 umpan terobosan Ngon Mamoun dapat diselesaikan secara manis oleh Han Sang Min yang berdiri bebas di areal kotak penalti Real Mataram.

Namun, skor 2-0 itu tidak berlangsung lama karena Fernando Gaston Soller mampu memperkecil ketertinggalannya menjadi 2-1 pada menit ke-33.

Fernando yang mendapat umpan matang dari Andrid Wibawa tidak menyia-nyiakan peluang emas itu untuk menjebol gawang Persema yang dikawal Sukasto Effendi.

Menjelang berakhirnya 45 menit babak pertama, Persema kembali memperbesar keunggulannya melalui kaki Han Sang Min. Namun wasit berasal dari Macedonia, Drage Stojanovoski menganulir gol tersebut karena Han Sang Min dianggap lebih dulu melakukan pelanggaran.

Perjuangan anak asuh Timo Schuenemann tersebut tidak patah semangat, bahkan satu menit menjelang berakhirnya waktu tambahan (injury time) atau menit ke-46, Kim Jefry Kurniawan menambah keunggulan Persema menjadi 3-1 hingga 45 menit babak pertama berakhir.

Memasuki 45 menit babak kedua Persema juga langsung memperagakan permainan menyerang.

Meski sudah unggul 3-1 atas tim tamunya, permainan para pemain Laskar Ken Arok tersebut tak juga mengendurkan serangannya dan terus berupaya mencari celah untuk menerobos jantung pertahanan Real Mataram.

Kerja keras dan perjuangan anak asuh Timo Schuenemann itu kembali membuahkan hasil dan menambah pundi-pundi golnya melalui sontekan Irfan Bachdim pada menit ke-78 yang menggantikan Han Sang Min. Empat menit kemudian, Reza Mustofa kembali menjebol gawang Arik Bahtiar.

Hingga peluit panjang wasit berasal dari Macedonia tanda pertandingan berakhir, Persema mampu membukukan kemenangan 5-2 atas tamunya Real Mataram.

Torehan poin sempurna itu membuat Persema tetap kokoh di puncak klasemen, meski pesaing terdekatnya yakni Persebaya 1927 juga menang tipis atas tim tamunya Jakarta FC.(*)
(T.E009/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011