Jakarta (ANTARA News) - Bank Dunia mengumumkan para pemenang "Apps for Development", kompetisi yang diikuti para pembuat perangkat lunak yang menciptakan program komputer inovatif mengenai keadaan masyarakat global dengan memakai data Bank Dunia.

Siaran pers Bank Dunia yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan, pemenang pertama adalah tim StatPlanet World Bank dari Australia yang membuat program yang dapat memvisualkan dan membandingkan kinerja antarnegara dan antarkawasan di dunia sepanjang waktu.

Para pengguna program itu dapat memilih di antara 3.000 indikator yang meliputi beragam dimensi ekonomi, sosial, dan pengembangan manusia, serta dapat memilih bagaimana data itu ditampilkan.

Program pemenang itu juga dinilai membuat setiap orang dapat melihat kepada beragam indikator bahkan tanpa konektivitas dengan internet melalui versi "desktop" dari program tersebut.

Sementara pemenang kedua adalah tim Development Timelines dari Prancis yang membuat program data pengembangan global ke dalam konteks sejarah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana perang, reformasi pendidikan, atau lonjakan pertumbuhan ekonomi dapat berdampak kepada Millenium Development Goals (MDG).

Sedangkan pemenang ketiga adalah tim Yourtopia Development Beyond GDP dari Jerman yang membuat program interaktif untuk meringkaskan pengembangan manusia berdasarkan kriteria pengguna serta melalui kuis sederhana dapat berpartisipasi dalam mengkonstruksi indeks pengembangan manusia global yang menggunakan beragam dimensi indikator.

Bank Dunia mencatat bahwa terdapat 107 tim dari 36 negara yang mengikuti kompetisi tersebut, dan hampir sepertiga peserta berasal dari Afrika.

Sedangkan panelis juri terdiri dari beragam pakar antara lain Kannan Pashupathy dari Google, Ory Okolloh dari Ushahidi (perusahaan software nirlaba Kenya), dan Craig Newmark dari Craiglist (jaringan komunitas online AS).

Selain pemenang yang dipilih juri, terdapat pula pemenang kategori "People Choice Award" yang ditentukan berdasarkan voting secara online, yang diraih oleh tim World (Macedonia), yang membuat program untuk memilih data secara acak untuk menghasilkan kesimpulan umum mengenai kemajuan MDG.

Secara total, hadiah yang diberikan pada kompetisi yang baru pertama kali dibuat pada tahun ini adalah sebesar 55.000 dolar AS.
(M040)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011