Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah informasi menarik dan penting di sektor perekonomian pada Minggu (12/12), yang beritanya layak untuk disimak pada pagi ini mulai dari Mekanisme Single Submission permudah urus izin ekspor-impor sampai Peningkatan transaksi digital dinilai buka peluang investasi. Simak selengkapnya.

1. Mekanisme Single Submission permudah urus izin ekspor-impor

Penerapan mekanisme Single Submission melalui integrasi sistem Indonesia National Single Window (INSW) dan sistem Inatrade diyakini membuat pengurusan perizinan untuk kegiatan ekspor-impor menjadi lebih mudah.

Simak selengkapnya di sini

2. Dana salah transfer bisa menjadi milik nasabah, ini syaratnya

Persoalan salah transfer dana mewajibkan pihak bank untuk segera membuktikan adanya kekeliruan transfer tersebut kepada penerima dan berbagai perlindungan berlaku untuk konsumen sebagai bentuk kepastian hukum.

Simak selengkapnya di sini

3. Kemenperin: Industri farmasi siap gunakan bahan baku obat dalam negeri

Kementerian Perindustrian menyebutkan bahwa industri farmasi di Tanah Air siap menggunakan bahan baku obat (BBO) hasil produksi lima industri dalam negeri termasuk PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (KFSP).

Simak selengkapnya di sini

4. Teten: Manajemen rantai pasok jadi tantangan utama pasar produk UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan masalah manajemen rantai pasok (supply chain) menjadi tantangan utama bagi pengembangan pasar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Simak selengkapnya di sini

5. Peningkatan transaksi digital dinilai buka peluang investasi

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Thomas Dewaranu menilai peningkatan transaksi digital di Indonesia merupakan peluang besar untuk mengundang masuknya investasi, baik pada sektor-sektor yang berhubungan dengan teknologi, digital maupun pada sektor-sektor strategis lainnya.

Simak selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021