Jakarta (ANTARA) - Tahun kedua pandemi banyak dilewatkan di rumah, artinya lebih banyak waktu luang untuk mengeksplorasi kegiatan yang dulunya sulit dilakukan, termasuk memasak.

Kehadiran para chef yang getol mengunggah video tutorial memasak untuk para pemula maupun mereka yang sudah lama hobi berkreasi di dapur memberikan kemudahan selama pandemi. Siapa saja para chef yang rajin berbagi mengenai kreasinya agar bisa dipraktikkan di rumah?

William Gozali

Chef yang punya saluran YouTube Willgoz Kitchen ini secara rutin mengunggah video-video pembuatan resep makanan yang bervariasi. Mulai dari membuat jajanan kaki lima hingga rasa hidangan yang mirip dengan restoran terkemuka, Willgoz menyediakan banyak pilihan untuk penonton yang ingin menjajal resepnya di rumah. Caranya menyampaikan langkah-langkah memasak ringan dan mudah dipahami, serta menarik. Salah satu resep yang banyak ditonton di saluran YouTube-nya adalah tempe mendoan yang dimasak menggunakan cetakan waffle.

Baca juga: Tim Bocuse d'Or Indonesia hadirkan dinner mewah bagi pecinta kuliner

Baca juga: Quaker gandeng Chef Devina luncurkan rolled oat
 

Devina Hermawan
Devina Hermawan sering wara-wiri di berbagai acara daring sepanjang pandemi, dia juga kerap berkolaborasi dengan jenama dalam hal membuat menu makanan. Jebolan ajang Masterchef yang sudah membuat buku masak baru-baru ini membuat menu makanan super dengan menambahkan rolled oat di adaptasi resep masakan nusantara dan internasional.

Di saluran YouTube Devina Hermawan yang diikuti dua juta pengikut, terdapat sederet resep kudapan hingga makanan yang sedang naik daun ataupun yang sering disuguhkan di rumah. Devina juga memberikan resep-resep masakan yang sedang digandrungi, termasuk croffle yang bermunculan di berbagai restoran serta kafe.
 

Yuda Bustara
Chef Yuda Bustara berbagi ilmu di dapur melalui saluran YouTube yang kini sudah diikuti lebih dari setengah juta warganet. Dia juga menerima permintaan resep dari warganet yang bisa menuliskan apa yang mereka inginkan lewat kolom komentar atau akun media sosial. Dia juga sering mengunggah video singkat berisi resep praktis berdurasi singkat di akun Instagram miliknya.

Putri Habibie
Putri Habibie, cucu dari saudara Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie Habibie, aktif berbagi foto-foto dan video masak yang menggugah selera di akun Instagram maupun YouTube. Menu yang diraciknya bervariasi, mulai dari mie aceh, sup brokoli, seblak mochi, sambel rujak hingga salmon aburi tamago don. Putri juga baru mengeluarkan buku kumpulan resep ide jualan secara gratis untuk orang-orang yang ingin berbisnis kuliner.

Baca juga: Sania Exclusive Masterclass Season 2 umumkan tiga pemenang

Baca juga: Sushi Kaiyo hadirkan "kotak harta karun" berisi andalan chef Jepang

Baca juga: Rumah "Chef" Aiko disatroni maling, motor senilai Rp90 juta raib

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021