Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin meminta kepada panitia kerja pengawasan SEA Games agar dana penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia Tenggara di Palembang, 11-25 November 2011 ada kejelasan karena pelaksanaannya tinggal beberapa bulan lagi.

Dana panita penyelenggara pesta olahraga akbar tersebut hingga sekarang belum ada kejelasan sehingga pihaknya masih menunggu, kata gubenur dihadapan anggota panitia kerja pengawasan SEA Games dari Komisi X DPR RI ketika berkunjung ke Sumsel di Palembang, Kamis mlam.

Anggota panitia kerja pengawas SEA Games yang dipimpin Prof dr Mahayuddin NS itu berkunjung ke Palembang untuk mengevaluasi perkembangan terkini persiapan pesta olahraga akbar mendatang. Lebih lanjut dia mengatakan, dana penyelenggaran pesta olahraga internasional tersebut cukup besar dan berat bila dibebankan kepada daerah.

Untuk itu pihaknya meminta kejelasan dana untuk penyelenggaraan pesta olahraga dua tahunan tersebut, ujar dia pula.

Namun, lanjut dia, panitia daerah sudah bekerja maksimal supaya pesta olahraga yang diikuti sebelesan negara tersebut berlangsung sukses.

Pihaknya telah melatih penari dan tenaga penghubung berbahasa Inggris dan itu semuanya belum dibayar, ujar dia lagi.

Jadi pihaknya mengharapkan supaya dana penyelenggaran SEA Games nanti sudah diberikan sehingga daerah ini semakin siap, tambah dia.

Ketua panitia kerja pengawas SEA Games, mengatakan, memang dana tersebut akan dibahas dalam APBN tambahan mendatang.

Untuk penyelenggaran akan dibantu tinnggal lagi usulan dari panitia daerah, ujar mantan Gubernur Sumsel itu.

Namun, untuk lapangan pertandingan dirasakan masih berat karena itu memerlukan waktu dan prosedur yang panjang, ujar dia.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan kunjungan ke Palembang untuk mendengarkan dan melihat persiapan Sumsel sebagai tuan rumah, tambah dia. (U005/A020/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011