total sudah hampir 30.000 lebih paket makanan yang diberikan dalam 32 minggu pelaksanaan
Jakarta (ANTARA) - Setelah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada April 2021, Gereja Bethel Indonesia (GBI) Amanat Agung di RW015 Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, rutin membagikan paket makanan siap saji kepada masyarakat sekitar gereja setiap Jumat, sejak 21 Mei 2021.

Kegiatan itu mendapat apresiasi dari Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim saat meninjau persiapan menjelang Hari Natal 2021, Jumat.

"Jadi kalau diperkirakan, total sudah hampir 30.000 lebih paket makanan yang diberikan dalam 32 minggu pelaksanaan. Inilah yang perlu kami sampaikan bahwa kepedulian antarsesama ini yang perlu dicontoh oleh seluruh pihak," ujar Ali.

Menurut Ali, dalam masa pandemi COVID-19 ini banyak warga Jakarta Utara yang terkena imbasnya. Untuk itu, pihak-pihak yang mampu harus lebih sering menyelenggarakan kegiatan sosial seperti yang dilaksanakan oleh pengurus GBI Amanat Agung dengan berkolaborasi pengurus GBI DKI Jakarta.

"Informasinya, kegiatan ini telah dimulai sejak 21 Mei 2021, dengan jumlah awal 150 porsi. Hari ini diberikan sebanyak 4.000 paket. Saya kira ini perlu saya ucapkan terima kasih kepada penyelenggara," kata Ali.

Dalam kegiatan edisi khusus Natal kali ini, GBI Amanat Agung juga membagikan bingkisan "goody bag" berupa tas sekolah bagi anak-anak dan tas bagi ibu-ibu.

Satu hal yang menarik dalam kegiatan bertajuk Jumat Berkah kali itu, kegiatannya mendapat dukungan dari masyarakat sekitar. Selain dukungan dalam mempersiapkan porsi makanan yang dibagikan, tampak pula tim Marawis ikut memeriahkan acara dengan mendendangkan rebana menyambut Natal.

Ketua Rukun Warga 015 Kelurahan Penjaringan Teddy mengatakan warga di lingkungannya memang menyambut baik setiap kegiatan hari besar keagamaan manapun sebagai bentuk toleransi.

"Karena kita bersama di sini, dari berbagai latar belakang agama apa saja kita rukun. Jadi setiap kegiatan hari-hari besar keagamaan, kami selalu saling menghormati," kata Teddy ditemui di lokasi.

Adapun tim Marawis yang hari ini berdendang di GBI Amanat Agung sudah dibentuk sejak lama dan terdiri dari sejumlah anak-anak sekolah binaan musisi perkusi Adi Prasodjo.

"Ada tiga tim binaan, anggotanya sebenarnya banyak. Cuma berhubung hari ini banyak yang masih sekolah tatap muka, jadi hari ini cuma ada sepuluh orang yang menabuh rebana," kata Teddy.

Ketua Badan Pengurus Daerah GBI DKI Jakarta Pdt Kiki Tjahyadi menyampaikan kegiatan menjelang Natal tahun ini di RW 015 Penjaringan menjadi suatu terobosan yang baik untuk meningkatkan sikap toleransi dan kerukunan umat beragama agar semakin terjaga dengan baik di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk.

"GBI melaksanakan aksi sosial di seluruh Indonesia, jadi seluruh Indonesia kami mengimbau gereja-gereja se-Indonesia untuk melakukan aksi sosial seperti ini, berbagi kasih untuk masyarakat," kata Tjahyadi.

Tjahyadi menegaskan, siapa saja dapat mengambil bagian untuk menerima paket makanan tersebut. Sehingga Natal tidak hanya sekadar selebrasi saja, tapi juga bentuk perhatian kepada warga di sekitar.

"Terutama dalam masa pandemi imbas dari COVID-19. Banyak warga yang terdampak harus kita bantu. Itulah kerinduan dan harapan kita sekalian," pungkas Tjahyadi.
Baca juga: Ratusan personel Satpol PP Jaksel ditempatkan di gereja
Baca juga: Katedral fasilitasi umat beribadah Misa Natal 2021 secara daring
Baca juga: Polres Jakbar jaga 135 gereja saat ibadah Natal

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021