Saya butuh istirahat untuk memulihkan cedera nyeri setelah bermain di Roland Garros," tulisnya dalam laman panitia turnamen.
Halle, Jerman (ANTARA News/AFP) - Petenis dari Taiwan Yen-Hsun Lu maju ke putaran kedua turnamen tenis ATP Halle setelah menang 7-6 (7/2), 6-3 atas petenis dari Finlandia Jarkko Nieminen, Senin.

Lu, yang maju ke putaran perempat final Wimbledon tahun lalu, mampu mengatasi masalahnya dan bermain bagus pada set kedua, namun ia mengakui tidak mudah melakukan transisi dari lapangan tanah liat ke lapangan rumput.

"Rasanya amat sulit mengawali permainan di lapangan rumput pada musim ini. Saya tahu Jarkko amat bagus bermain di lapangan rumput," kata Lu, yang mengalahkan Andy Roddick dan maju ke putaran delapan besar di Wimbledon tahun lalu.

"Kami berdua berusaha menemukan irama permainan agar dapat bermain baik di lapangan itu," katanya.

"Pertandingan itu terasa amat bermutu tinggi dan saya gembira dapat memenanginya. Banyak hal positif yang saya rasakan pada pertandingan itu," katanya.

"Terasa banyak perubahan bermain di lapangan itu. Sepertinya kita menggunakan otot yang berbeda apalagi bola selalu melayang rendah," katanya.

"Saya masih punya waktu latihan dua hari dan masih ada waktu beberapa minggu (hingga Wimbledon), jadi masih banyak waktu saya," katanya.

Lu pada putaran kedua akan bertemu dengan petenis dari Jerman Dustin Brown atau unggulan keenam Florian Mayer.

"Mereka pasti bermain bagus apalagi akan mendapat dukungan hebat dari penonton mereka," kata Lu.

"Penonton akan membantu mereka, tetapi saya tidak perduli, saya harus fokus pada permainan saya, jangan sampai kehilangan konsentrasi," kata Lu.

Tetapi turnamen itu mendapat pukulan berat ketika Senin kehilangan pemain unggulan utama dan enam kali juara Wimbledon, Roger Federer, yang mundur dari event itu.

Petenis berusia 30 tahun dari Swiss itu - yang dijadwalkan akan bertemu dengan mantan petenis nomor satu dari Australia Lleyton Hewitt pada laga ulang di final tahun lalu yang dimenangi petenis Australia --mengumumkan ia tidak ingin menambah parah cederanya menjelang Wimbledon bulan depan.

Petenis berusia 30 tahun itu mengatakan, ia butuh istirahat setelah bermain di Prancis Terbuka, ketika ia kalah atas Rafeal Nadal dalam pertandiangan empat set di babak final.

"Saya butuh istirahat untuk memulihkan cedera nyeri setelah bermain di Roland Garros," tulisnya dalam laman panitia turnamen.

Unggulan ketujuh Alexander Dolgopolov dari Ukraina maju ke putaran kedua setelah kecolongan pada set pertama saat mengalahkan pemain dari Belanda Robin Haase 6-7 (4/7), 6-4, 6-4.

Petenis lokal yang difavoritkan Philipp Kohlschreiber juga nyaris menemui jalan buntu tetapi akhirnya menang 6-4, 3-6, 6-1 atas Cedrik-Marcel Stebe dalam laga sekitar dua jam.

Pada pertandingan lainnya, pemain dari Jerman Tobias Kamke maju ke putaran kedua setelah teman senegaranya Julian Reister mundur karena cedera pada set pertama.

Petenis Rusia Igor Andreev menikmati kemenangan dua set atas Potito Starace dari Italia sedangkan petenis kualifikasi Jan Hernych dari Ceko berjuan keras untuk maju ke putaran kedua setelah main tiga set lawan Sergiy Stakhovsky dari Ukraina.

Unggulan keempat Mikhail Youzhny dari Rusia, yang seharusnya bertemu dengan Philipp Petzschner dari Jerman, mundur karena didera cedera kaki sehingga posisinya digantikan Dominik Meffert dari Jerman. (Uu.SYS/A/A008/C/A011) (*)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011