kami hanya ingin tetap di depan dan mencegah Nasser membuntuti
Jakarta (ANTARA) - Pebalap Prancis Sebastien Loeb memangkas defisit waktu yang cukup signifikan dari pemuncak klasemen sementara Nasser Al-Attiyah setelah menyelesaikan etape delapan Reli Dakar yang dimenangi oleh Mattias Ekstroem dari tim Audi.

Loeb, juara dunia reli sembilan kali, finis ketiga untuk tim BRX setelah menyelesaikan special stage sepanjang 395km dari Al Dawadimi ke Wadi Ad Dawasir untuk memangkas keunggulan rival terdekatnya dari tim Toyota dari 45 menit menjadi kurang dari 38 menit dengan empat etape tersisa.

Al-Attiyah, yang mengincar titel keempatnya di Dakar, hari ini finis ke-11.

"Ini tidak mudah. Kami menekan sejak awal hingga akhir karena kami membuka jalan, Jadi kami hanya ingin tetap di depan dan mencegah Nasser membuntuti," kata Loeb dikutip laman resmi Dakar.

Tampil menekan sejak start, Loeb mendapati pecah ban namun dengan sigap mengatasi masalahnya itu supaya tidak kehilangan cukup banak waktu.

Pebalap yang mengincar titel pertamanya di Dakar itu mengaku tak mengalami kesalahan navigasi, di saat Al-Attiyah kehilangan waktu hingga delapan menit atas rivalnya itu karena kerusakan differential belakang dan juga pecah ban.

Baca juga: Loeb klaim etape 7 Dakar, Al-Attiyah masih pegang kendali klasemen

Juara bertahan Stephane Peterhansel, yang memegang rekor 14 titel Dakar di kategori roda dua dan empat namun di tahun ini sudah terlempar dari persaingan utama perebutan gelar, mempersembahkan finis 1-2 untuk Audi.

Kemenangan yang diraih Ekstroem juga merupakan yang pertama kalinya bagi sang pebalap Swedia berusia 43 tahun itu di Dakar. Ia merupakan mantan juara rallycross dan dua kali peraih titel German Touring Car (DTM).

Audi yang menjalani debut mobil elektrik RS Q e-tron meraih kemenangan etape perdananya di Dakar setelah Carlos Sainz mengklaim etape tiga pekan lalu.

Sainz nyaris membawa Audi menyapu bersih podium etape hari ini apabila Loeb lebih lamban tiga detik dari sang pebalap veteran Spanyol.

Pebalap tuan rumah Yazeed Al Rajhi menempati peringkat tiga klasemen dengan jarak 53 menit 13 detik pemuncak sesi.

Etape sembilan akan menempuh rute melingkar di Wadi Ad Dawasir dengan special stage sejauh 287km.

Baca juga: Lategan kalahkan Loeb di Etape 5 Dakar, Al-Attiyah bertahan di puncak
Baca juga: Truk berbahan bakar hidrogen diuji coba dalam ajang Reli Dakar

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022