Bukan tidak mau membahas di Setgab, tapi Partai Demokrat memahami pembahasan tidak hari ini karena masih draft.
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Saan Mustopa mengatakan, partainya tetap akan membawa masalah parliementary threshold (PT) atau ambang batas keterwakilan partai politik di parlemen ke Sekretariat Gabungan (Setgab).

"Kita menghormati usulan fraksi-fraksi. Kita tidak mau menganggap Setgab memangkas sikap fraksi. Draft RUU Pemilu mau diseragamkan dan akan diputuskan di Rapat Paripurna DPR RI. Jadi kita ingin masing-masing usulan mengalir dalam draft. Kita ingin semua draft dibawa ketingkat lanjutan. Jadi bukan tidak ingin dibawa ke Setgab," kata Saan Mustopa, di Gedung DPR RI, Jumat.

Menurutnya, Setgab akan membahas  akan membahas setelah drafnya RUU Pemilu ditetapkan di rapat paripurna DPR pekan depan.

"Bukan tidak mau membahas di Setgab, tapi Partai Demokrat memahami pembahasan tidak hari ini karena masih draft. Begitu masuk Pansus, sudah membahas detail mendalam tentu akan dibahas di Setgab. Kalau sekarang ini masih draft," kata Wakil Sekretaris Fraksi PD itu.

Ia menambahkan, bagi PD sendiri, angka PT yang paling ideal adalah 4 persen.

"Angka 4 persen, adalah pemahaman kita moderat, angka yang oleh partai masih mungkin untuk dicapai, maka ruang berkompetinsi akan semakin terbuka. Jadi parpol yang baru masih punya harapan. Tapi kalau dipatok tinggi orang sudah susah. Jadi tidak menutup ruang orang untuk mendirikan parpol," kata Saan.

(ZUL)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011