Semarang (ANTARA News) - Pebulu tangkis Djarum Kudus Fransiska Ratnasari menantang tunggal putri China Lu Lan pada babak perempat final kejuaraan bulu tangkis Russian Open Grand Prix di Vladivostok, Rusia.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Kamis, mengatakan, peluang Nana (panggilan akrab Fransiska Ratnasari) untuk mengalahkan Lu Lan tetap ada.

Menurut dia, Lu Lan sekarang berbeda saat tunggal putri China ini tampil pada Olimpiade 2008.

"Kalau Lu Lan seperti dulu tentunya sulit bagi Nana untuk mengalahkannya," katanya.

Pada babak kedua, Fransiska Ratnasari mengalahkan tunggal putri Amerika Serikat Iris Wang dengan dua set langsung, 21-13 dan 21-4 dalam waktu 27 menit.

Kemudian Lu Lan mengalahkan pebulu tangkis tuan rumah, Hadia Hosney, 21-10 dan 21-4 dalam waktu 17 menit.

"Sekarang ini kondisi Lu Lan seperti Maria Kristin Yulianti, yaitu harus merangkak dari bawah terlebih dulu," katanya.

Ketika ditanya kunci bagi Fransiska Ratnasari untuk mengalahkan Lu Lan, dia mengatakan, Nana harus bermain ngotot dan menahan setiap pukulan dari dia.

"Semua pukulan Lu Lan harus bisa dikembalikan Nana," katanya.

Ia menjelaskan, Lu Lan dikenal sebagai pebulu tangkis yang memiliki fisik yang kurang bagus.

"Kalau Nana bisa menahannya, pasti dia (Lu Lan) akan kehabisan tenaga. Saya kira Nana harus bisa memanfaatkan kelemahan fisik dia," katanya.

Sementara itu dua ganda putra Djarum Kudus melangkah ke babak kedua. Pasangan Fernando Kurniawan/Wifqi Windarto mengalahkan ganda tuan rumah, Anton Derbenev/Egor Karpov dua set langsung 21-3 dan 21-8 dalam waktu 13 menit.

Pada babak kedua, Fernando/Wifqi bakal menghadapi ganda tuan rumah lainnya, Dmitiy Balandin/Anatoliy Yertsev yang mendapat bye pada babak pertama.

Sementara itu pasangan Rendra Wijaya/Rian Sukmawan berhasil mengalahkan ganda tuan rumah, Vladimir Rusin/Iiya Zdanov dengan dua set langsung, 21-13 dan 21-16 dalam waktu 18 menit.

Pada babak kedua, Rendra/Rian bakal menghadapi unggulan kedua dari Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa yang mendapat bye di babak pertama.

"Saya kira Rian/Rendra memiliki peluang untuk mengalahkan mereka karena kedua pasangan itu belum pernah bertemu," kata Yoppy Rosimin.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011