Jakarta (ANTARA News) - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam melayani pembelian tiket kereta api secara online.

Direktur Retail Banking & Syariah Bank BNGA, Ferdy Sutrisno, di Jakarta Rabu mengatakan, besarnya potensi pasar pengguna jasa transportasi kereta api mengundang PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) untuk ikut masuk ke dalam layanan jasa kereta api.

"Kami melihat animo masyarakat terhadap layanan transportasi kereta api sangat tinggi. Namun cukup disayangkan bahwa kebanyakan masih mengandalkan pemesanan tiket dengan mengantri di loket. Ini jelas tidak efektif dan efisien maka itu kami kenalkan layanan pembelian via online yang kami sebut sebagai CIMB Clicks," ujar dia.

Ia memaparkan, layanan CIMB Clicks tersebut, merupakan perpaduan layanan internet banking dan layanan e-Channel milik CIMB Niaga lainnya.

Ia mengatakan, untuk menggunakan fasilitas CIMB Clicks, calon penumpang hanya melakukan pemesanan melalui contact centre KAI di 121 untuk mendapatkan kode booking, selanjutnya calon penumpang melakukan pembayaran melalui layanan e-channel.

"Jadi saat membayar nanti calon penumpang tinggal memasukkan kode booking yang didapat dari contact centre. Kami berharap ini dapat memudahkan calon penumpang KAI, terutama menjelang musim Lebaran tiba di mana arus mudik sangat tinggi. Jadi penumpang tidak perlu repot mengantre di loket," kata Ferdy.

Fasilitas pebelian tiket kereta, tambah dia, semakin melengkapi fasilitas yang telah digagas oleh CIMB Niaga sebelumnya, seperti pembelian tiket Garuda Indonesia, Lion Air dan Merpati Air.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Komersial KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, dengan adanya kerjasama ini perseroan berharap layanan CIMB Clicks dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan tiket kereta api.

"Semoga kerjasama ini dapat ditingkatkan lagi dan tidak terbatas pada layanan ini saja. Kini layanan untuk tiket KA kelas eksekutif dan kelas bisnis bisa dibeli dan dipesan secara cepat," ujarnya.

(KR-ZMF/B012)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011