Jakarta (ANTARA News) - LG Electronics Inc, pembuat handset terbesar ketiga di dunia, pada kamis akan memangkas harga ponsel pintarnya pada 2011 dan mengurangi target-targetnya lantaran ponsel pintar LG seri Optimus gagal menghentikan laju kesuksesan iPhone Apple dan Samsung Galaxy S.

Perusahaan Korea Selatan itu juga menolak memprediksi kapan divisi yang merugi akan berbalik untung dari rugi kuartalan berturut-turut.

"Kinerja kami secara keseluruhan terus meningkat ... tapi sulit untuk memberikan prediksi yang tepat ketika bisnis berubah karena perubahan pasar eksternal yang cepat," kata Park Jong-seok, kepala Divisi Handset LG kepada wartawan.

LG memperkirakan penjualan ponsel pintarnya akan mencapai 24 juta unit tahun ini, angka itu turun dari target sebelumnya sebanyak 30 juta unit, sedangkan target penjualan handset secara keseluruhan terpangkas dalam satu kuartal menjadi 114 juta unit dari 150 juta unit.

Park mengatakan pada kuartal pertama, LG menjual hampir 50 juta ponsel termasuk kurang lebih 10 juta ponsel pintar.

LG diprediksi akan melaporkan kerugian penjualan handset lima kali berturut-turut pada April-Juni karena gagal memperkenalkan produk-produknya untuk mengalahkan dominasi Apple dan Samsung dan melemahnya permintaan dari pelanggan.

Namun, LG secara bertahap telah mengatasi kerugian dan memperbaiki kinerja secara keseluruhan, belum ditambah dengan  tingginya permintaan model Optimus dan Optimus 2X Black.

Analis memperkirakan kerugian penjualan handset LG pada kuartal kedua mengecil sekitar 70-90 juta won dari kerugian tahun lalu sekitar 120 miliar won ($ 112.500.000) ketika laporan hasil kuartal akhir pada bulan ini.

"Di pasar maju, merek LG kurang dipertimbangkan dibanding Samsung karena produknya kurang menarik," kata Carolina Milanesi, seorang analis dari Gartner.

"Saat ini HTC memiliki konsumen lebih banyak dari LG. LG sendiri sedang berjuang menjual perangkatnya bersaing dengan merek yang lebih lemah, mereka banyak kehilangan waktu untuk bersaing harga."

Sebagai perbandingan, Samsung diprediksi telah menjual 19 juta ponsel pintar pada kuartal kedua. Dengan pencapaian itu, target penjualan ponsel pintar Samsung pada 2011 sebanyak 60 juta unit akan dicapai mudah ditambah penjualan solid Samsung Galaxy S versi baru.

Laba kuartal Samsung pada kuartal kedua diprediksi sekitar 3,7 triliun won dan analis mengharapkan munculnya kejutan dari divisi handset.

Pada Kamis, LG telah meluncurkan ponsel pintar Optimus 3D di Korea Selatan dan LG mengharapkan dapat menjual 1,7 juta unit tahun ini.

Ponsel pintar yang berjalan pada platform Android Google dan prosesor Texas Instruments OMAP Inc Mobile itu tersedia di Korea Selatan melalui operator seluler SK Telecom.

LG melakukan perjudian besar dengan ponsel pintar 3D yang diharapkan dapat memperluas pasar perangkat keras game portabel yang selama ini didominasi Nintendo dan Sony Corp

Optimus 3D memiliki layar 4,3 inci dan dua kamera dilengkapi dengan permainan preloaded 3D yang dibuat oleh spesialis video game ponsel Gameloft SA.

Park mengatakan, pada kuartal kedua jajaran produk baru LG akan mencakup ponsel LTE (Long-Term Evolution) dan ponsel pintar dengan high-definition (HD), demikian Reuters.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011