Kalau kita untuk Pemkot Baubau salah satunya adalah lapangan sepak bola dan atletik
Baubau (ANTARA) - Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, sebagai satu dari dua daerah penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XIV terus mempersiapkan kebutuhan sarana olahraga yang akan dipertandingkan pada event empat tahunan pada November 2022.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau, Abdul Rahman, di Baubau, Rabu, mengatakan, sebanyak 25 cabang olahraga yang akan dilombakan terus dikoordinasikan dengan Dispora provinsi terutama penetapan Kota Baubau dan Kabupaten Buton sebagai panitia pelaksana atau tuan rumah bersama.

"Termasuk cabang olahraga yang akan dilaksanakan baik di Baubau maupun di Buton selalu kita koordinasikan. Rencana (di Baubau, red) ada 25 cabang tapi kita masih menunggu, tapi gambarannya sih sudah ada," kata Abdul Rahman didampingi Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Baubau, Maaruji.

Baca juga: Stadion Olympic Mini Berau ditargetkan rampung sebelum Porprov 2022

Di Baubau, kata dia, sejumlah sarana-sarana yang akan menjadi tempat digelarnya pertandingan selain ada yang sementara dalam proses pengerjaan, juga ada yang pemeliharaan.

"Tentunya kita mengupayakan bagaimana terlaksana dengan baik. Di Baubau seperti sepak bola dilaksanakan, tapi kita bisa kolaborasi (dengan Buton) sih, misalnya mungkin tim pool A di Buton dan pool B di Baubau. Tapi Insyaallah nanti dimodeli," katanya.

Mengenai kesiapan sarana lainnya juga, kata dia, tiga sarana olahraga yakni, gedung olah raga (GOR) di Lowu-lowu, kolam renang, dan tribun dayung di Lakologou yang dijanjikan provinsi akan dibangunkan diharapkan akan menjadi lokasi penyelenggraan event.

"Kalau kita untuk Pemkot Baubau salah satunya adalah lapangan sepak bola dan atletik. Stadion Betoambari sudah dalam proses pemeliharaan rumputnya, sekarang proses tumbuh," ujarnya, seraya menambahkan bahwa rumput yang digunakan standar rumput internasional.

Baca juga: KONI Bali siap gelar Porprov 2022 dengan 40 cabang olahraga

Diharapkan pula, dengan dibangunnya stadion Betoambari itu, ke depannya lapangan bola tersebut dapat lebih bagus.

Terkait kesiapan atlet, kata dia, bahwa dalam waktu dekat akan ada eksebisi-eksebisi atau pertandingan-pertandingan pembinaan yang dilakukan oleh cabang olahraga guna menguji dan meningkatkan kemampuan para atlet sebelum berlaga dalam pertandingkan.

Sedangkan cabang olahraga yang menjadi unggulan untuk Baubau sendiri, kata Rahman yang juga menjabat Kepala BKPSDM Baubau ini di antaranya dayung, renang, sepak takraw dan beberapa nomor di cabang atletik.

Baca juga: KONI Kabupaten Kediri gelar tes parameter atlet jelang Porprov Jatim

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Yusran
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022